Upaya Kementan Perkecil Dampak El Nino

Jum'at, 13 Juni 2014 - 14:58 WIB
Upaya Kementan Perkecil Dampak El Nino
Upaya Kementan Perkecil Dampak El Nino
A A A
JAKARTA - Beberapa kalangan mengkhawatirkan gejala alam El Nino yang akan mengganggu pasokan bahan pangan dan menyebabkan harga naik.

Menanggapi hal itu, Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengatakan, meskipun ada indikasi ke arah El Nino, namun kecenderungannya masih dalam taraf El Nno yang ringan.
"Tetapi untuk jaga-jaga kami tetap akan mengupayakan persiapan yang maksimal," imbuh dia usai inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta, Jumat (13/6/2014).

Menurut dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) terkait daerah yang kemungkinan berpotensi terkena dampak El Nino, akan diberdayagunakan sebagai sumber air.

"Nanti kita akan koordinasi bahwa daerah yang kemungkinan terkena dampak El Nino akan kita dayagunakan daerah yang mempunyai potensi sumber air. Apakah dari air tanah, air sungai, atau sumber lain yg masih memungkinkan," tambahnya.

Dia mengatakan, masyarakat perlu mewaspadai prakiraan El Nino yang akan terjadi di sekitar Juli hingga September.

Selain itu, dia juga mewaspadai para petani yang berada di daerah dengan potensi sumber air yang sedikit. Dia mengimbau agar para petani tersebut beralih ke tanaman lain yang tidak membutuhkan banyak air.

"Karena padi membutuhkan air relatif lebih banyak. Jadi saya kira Palawija akan jauh lebih aman," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5747 seconds (0.1#10.140)