Dahlan Setuju PT KAI Beli Rangkaian Kereta dari INKA

Selasa, 24 Juni 2014 - 17:10 WIB
Dahlan Setuju PT KAI Beli Rangkaian Kereta dari INKA
Dahlan Setuju PT KAI Beli Rangkaian Kereta dari INKA
A A A
JAKARTA - Menjelang Lebaran, pemerintah dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyiapkan armada angkutan untuk masyarakat. Belajar dari Lebaran sebelumnya, jumlah penumpang angkutan kerata api (KA) tahun ini diperkirakan akan meningkat tajam.

Untuk mengantisipasi itu semua, Menteri BUMN Dahlan Iskan setuju bila PT KAI menambah rangkaian kereta api dari PT Industri Kereta Api (INKA).

Dia menuturkan PT KAI hingga kini terus melakukan upaya terbaik dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat menjelang mudik Lebaran tahun ini.

"Kereta api pada kondisi tahun lalu pelayanannya sudah yang terbaik sepanjang sejarah Lebaran. Tentu, tahun ini akan lebih baik lagi karena ada jalur ganda yang kita tahu sudah selesai dibangun. Kemudian tidak ketinggalan akan ada 32 kereta tambahan khusus Lebaran," ujar Dahlan usai menghadiri Rakor Stabilisasi Pangan di Kementrian Perdagangan, Selasa (24/6/2014).

Dia menyebutkan, meskipun ada permintaan tambahan KA itu kemungkinan tidak terjadi karena rangkaiannya sudah habis. "Tapi, di INKA masih ada dua rangkaian kereta api yang masih baru. Itu pesanan Kemenhub (Kementerian Perhubungan). Saya setuju bila PT KAI membeli kereta tersebut karena keretanya sudah siap. Tentu harus disesuaikan dengan standar yang diinginkan PT KAI," ujar Dahlan.

Untuk masalah transaksi, dia mengatakan, bisa terjadi sebelum Lebaran. Sehingga bisa ditambahkan sebagai angkutan Lebaran dan itu 100% buatan INKA Madiun.

"Sudah siap barangnya saya sudah meninjau dan rasanya cukup bagus. Nah, cuma belum ada transkasi dengan PT KAI dengan INKA. Tapi, saya sudah setuju jika nantinya akan ada transaksi," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5623 seconds (0.1#10.140)