Sambut Puasa, Kemendag Gelar Pasar Murah

Kamis, 26 Juni 2014 - 09:56 WIB
Sambut Puasa, Kemendag Gelar Pasar Murah
Sambut Puasa, Kemendag Gelar Pasar Murah
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar pasar murah tahun ini di area parkir Kemendag, yang berlangsung mulai 26 Juni-22 Juli 2014.

Hal ini Guna membantu meringankan beban masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah guna memenuhi kebutuhan pokok, baik pangan maupun sandang dalam menyambut Ramadan dan Lebaran.

"Pasar murah ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen Kemendag dalam menyediakan berbagai bahan kebutuhan pokok, baik pangan maupun sandang dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang berada di sekitar lingkungan Kemendag," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi di Gedung Kemendag, Jakarta (26/6/2014).

Barang kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah Kemendag, meliputi produk pangan hasil industri, seperti beras, gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu. Selain itu, hasil peternakan, seperti daging sapi, daging ayam dan telur ayam.

Sementara produk hortikultura, seperti buah dan sayuran. Ada juga pangan olahan serta produk usaha kecil menengah (UKM) makanan dan pakaian. Barang tersebut dijual dengan harga lebih murah dari harga pasar.

"Penyelenggaraan pasar murah ini akan mendekatkan produsen kepada konsumen sekaligus memotong jalur distribusi, sehingga diharapkan konsumen dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga terjangkau. Di samping itu, pasar murah juga menjadi ajang bagi para pengusaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produk-produknya," jelas dia.

Untuk beras premium, Lutfi menjelaskan, disediakan oleh Bulog dengan harga Rp7.400-Rp8.200 per kilogram (kg), gula kristal putih oleh anggota APGI dijual seharga Rp9.000 per kg dan minyak goreng dengan harga Rp9.000-Rp12.000 per kg.

Selain itu, daging ayam yang disediakan oleh GPPU dibanderol dengan harga Rp27.000 per kg, telur ayam oleh PINSAR Indonesia seharga Rp17.000 per kg, serta daging sapi berkisar Rp75.000 - Rp80.000 per kg.

"Dalam menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok yang umumnya meningkat menjelang puasa dan Lebaran, Kemendag bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan seluruh Indonesia akan terus melakukan upaya menjaga kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok bagi masyarakat, salah satunya melalui penyelenggaraan pasar murah," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8404 seconds (0.1#10.140)