Pemenang Proyek Kabel Bawah Laut Diumumkan 2015

Jum'at, 27 Juni 2014 - 16:38 WIB
Pemenang Proyek Kabel Bawah Laut Diumumkan 2015
Pemenang Proyek Kabel Bawah Laut Diumumkan 2015
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan bahwa pemenang lelang pembangunan kabel tegangan tinggi arus searah (high voltage direct current/HVDC) atau kabel bawah laut yang menghubungkan Jawa-Sumatera akan diumumkan tahun depan.

Direktur Bisnis dan Manajemen Risiko PLN Murtaqi Syamsuddin optimistis pembangunan kabel HVDC mampu mengejar penyerapan listrik pembangkit hingga 70% jika seluruh pembangkit di Sumatera telah selesai dibangun. Diperkirakan kapasitas listrik yang dihasilkan bisa mencapai 3.000 megawatt (MW).

"Tahun depan sudah bisa ditetapkan pemenang lelang. Sudah bisa dimulai karena proses perizinan dan pembebasan lahan sudah berjalan. Perizinan sudah dapat," ujar Murtaqi di Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Murtaqi menjelaskan, kualifikasi lelang pengadaan kabel HVDC hingga kini masih berjalan. "Sementara pendanaan sudah dua paket, kita menunggu penawaran, tapi kita menunggu kepastian pendanaan," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan kabel HVDC membutuhkan waktu 2-3 tahun. Diperkirakan kabel HVDC pada 2018 sudah mulai beroperasi.

Seperti diketahui, proyek ini diperkirakan menelan dana mencapai USD2,12 miliar, yang akan didanai dalam empat tahap. Adapun tahap I dan II sudah dilakukan dengan pinjaman lembaga donor Jepang sebesar USD119 miliar. Sedangkan tahap III dan IV harus mendapat persetujuan dari presiden.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5938 seconds (0.1#10.140)