KA Tambahan Cirebon-Bandung Bakal Dioperasikan

Minggu, 03 Agustus 2014 - 19:15 WIB
KA Tambahan Cirebon-Bandung Bakal Dioperasikan
KA Tambahan Cirebon-Bandung Bakal Dioperasikan
A A A
CIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon menambah perjalanan KA Ciremai Ekspres tujuan Cirebon-Bandung dan Bandung-Cirebon, mulai 5 Agustus 2014. KA tambahan ini disiapkan mengingat tingginya permintaan masyarakat akan kebutuhan perjalanan Cirebon-Indramayu (Jatibarang, Haurgeulis)-Cikampek-Purwakarta-Cimahi dan Bandung.

Manager Humas PT KA Daop 3 Cirebon Gatut Sutiyatmoko mengungkapkan, sejak diluncurkan pertama kali pada 28 September 2013 tiket KA Cirebon-Bandung maupun sebaliknya selalu habis. "Akhirnya banyak permintaan yang tak terlayani," ujar Gatut, Minggu (3/8/2014).

Apalagi, selama masa angkutan lebaran 2014 belum ada KA tambahan lebaran dari Cirebon dengan tujuan Bandung. KA Ciremai Ekspres tambahan yang akan dioperasionalkan Selasa ini pun, lanjut dia, memiliki jadwal baru.

Berkapasitas 324 tempat duduk, KA tambahan tersebut berangkat dari Stasiun Kejaksan Cirebon pukul 10.15 dan pukul 20.05 WIB. Sementara keberangkatan dari Stasiun Bandung pukul 05.45 dan pukul 15.05. Berbeda dengan KA Ciremai Ekspres yang dioperasikan sebelumnya dengan rangkaian kelas Eksekutif dan Ekonomi, KA tambahan yang akan diluncurkan nanti terdiri dari kelas Eksekutif dan Bisnis.

"Adapun tarif kelas Eksekutif mulai Rp105 ribu-Rp135 ribu, sedangkan kelas Bisnis mulai Rp80 ribu-Rp110 ribu," tambah dia.

Dia meyakinkan, tarif yang diberlakukan bersaing bahkan ada tarif promo Rp79 ribu dengan syarat dan ketentuan berlaku. Sementara itu, kelas ekonomi pada rangkaian KA Ciremai Ekspres sebelumnya sendiri dipastikannya masih beroperasi dengan tarif batas bawah dan atas atau Rp70 ribu-Rp120 ribu.

Dia pun menambahkan, baru dioperasikannya rangkaian KA Ciremai Ekspres tambahan saat ini karena cadangan kereta/gerbong memang baru bisa disiapkan mulai 5 Agustus 2014. Diakuinya, selama ini sudah banyak permintaan dari masyarakat untuk menambah perjalanan Cirebon-Bandung dan sebaliknya.

"Kami imbau calon penumpang segera menukar struk kode booking yang diterima dengan tiket KA di stasiun atau mencetaknya melalui mesin cetak mandiri. Jangan menunggu keberangkatan untuk menghindari terjadinya antrian penukaran struk di stasiun, serta menghindari hilangnya tulisan pada struk," tandas dia.

Rencana pengoperasian KA tambahan Ciremai Ekspres pun diapresiasi warga. Mereka menganggap, dengan begitu semakin banyak pengguna KA yang terlayani.

"Saya sendiri pernah tak kebagian tiket karena kehabisan, biasanya saat libur atau weekend KA penuh," tutur seorang mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Bandung asal Cirebon, Tri Rochmawati.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7759 seconds (0.1#10.140)