RI Harus Waspada Meski Foreign Bondholders Tinggi

Kamis, 14 Agustus 2014 - 10:33 WIB
RI Harus Waspada Meski Foreign Bondholders Tinggi
RI Harus Waspada Meski Foreign Bondholders Tinggi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri menuturkan, meskipun peningkatan dari foreign bondholders di Indonesia saat ini tinggi sekitar 37%, namun Indonesia tetap harus waspada. Sebab bukan tidak mungkin suatu saat mereka hengkang dari Indonesia.

"Yang banyak masuk di capital account itu portfolio. Saya kira raise dari foreign bondholders itu sekarang tertinggi 37% dari biasanya 33-34% karena foreign appetite tinggi," katanya di kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (13/8/2014) malam.

Di satu sisi, lanjut dia, ini bagus. Artinya, mereka percaya namun di sisi lain hal ini harus didiversifikasi. "Karena kalau foreign holders-nya ketinggian dan suatu hari mereka ninggalin Indonesia itu akan menimbulkan gejolak," katanya.

Dia mengatakan, pemerintahan baru memiliki tugas untuk mengubah investasi tersebut yang masih berupa portfolio menjadi investasi real.

Sebab itu, pemerintah baru harus meningkatkan infrastruktur yang ada di Indonesia. Sebab hal tersebut menjadi kunci untuk arus modal dapat masuk.

"Paling enggak yang bisa dilakukan sekarang karena appetitenya sudah bagus dan kepercayaan sudah tinggi, dan pada pemerintahan baru confidence-nya makin kuat akan pindah dari jangka pendek ke jangka panjang," pungkas Chatib.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6015 seconds (0.1#10.140)