KRAS-Nippon Teken Perjanjian Final Usaha Patungan

Kamis, 14 Agustus 2014 - 11:02 WIB
KRAS-Nippon Teken Perjanjian Final Usaha Patungan
KRAS-Nippon Teken Perjanjian Final Usaha Patungan
A A A
JAKARTA - PT Krakatau Stell Tbk (KRAS) dan Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation (NSSMC) telah meneken perjanjian final pendirian usaha patungan PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS) pada 11 Agustus 2014.

Dalam keterangan perseroan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (14/8/2014) dijelaskan bahwa perjanjian final tersebut diteken oleh Direktur Utama KRAS Irvan K Hakim dan Presiden & Direktur Representatif NSSMC Kosei Shindo. Perusahaan patungan itu telah berdiri pada Desember 2012 dan perjanjian final diteken setelah proses diskusi lebih rinci mengenai term and conditions usaha patungan antara kedua pihak.

Parbik KNSS sedianya akan didirikan di Cilegon, Banten dengan modal disetor USD142 juta. Kepemilikan saham perusahaan patungan sebesar 80% adalah NSSMC dan 20% dimiliki KRAS. Adapun kebutuhan investasi pembangunan fasilitas produksi diperkirakan sekitar USD300 juta.

Dana pembangunan pabrik itu berasal dari pinjaman maupun ekuitas. KNSS akan mendirikan fasilitas produksi galvanizing and annealing processing line (GAPL) yang sama dengan di Jepang untuk menghasilkan baja kualitas tinggi.

Melalui perusahaan patungan ini, perseroan berharap dapat meningkatkan perannya dalam memasok kebutuhan baja untuk industri automotif, yang saat ini sebagian besar berasal dari impor, terutama Jepang. Di samping itu, perseroan juga dapat meningkatkan utilisasi fasilitas cold rolling mill (CRM) untuk memasok kebutuhan bahan baku KNSS.

Adapun bisnis utama KNSS adalah memproduksi dan memasarkan produk-produk baja lembaran, berupa annealed cold rolled steel dan hot dip galvanized steel untuk keperluan automotif. Kapasitas produksi mencapai 480 ribu metrik ton per tahun dan diperkirakan akan mulai berproduksi pada pertengahan 2017.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8925 seconds (0.1#10.140)