Pertumbuhan Ekonomi Malaysia Q2 Lebih Baik

Jum'at, 15 Agustus 2014 - 13:26 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Malaysia Q2 Lebih Baik
Pertumbuhan Ekonomi Malaysia Q2 Lebih Baik
A A A
KUALA LUMPUR - Ekonomi Malaysia tumbuh lebih baik dari perkiraan sebesar 6,4% pada kuartal kedua (Q2) 2014, di belakang kinerja ekspor dan permintaan domestik yang kuat.

Bank Sentral di ekonomi terbesar ketiga Asia Tenggara itu mengatakan, ekspor melonjak 14,2% dalam tiga bulan sampai Juni dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Investasi swasta, terutama di sektor jasa dan manufaktur, naik 12,1%, sementara konsumsi swasta tumbuh 6,5% pada kuartal year-on-year (yoy).

"Ekspor dan aktivitas sektor swasta menjadi pendorong utama pertumbuhan pada kuartal tersebut," kata Bank Sentral dalam siaran persnya, seperti dilansir dari Channel News Asia, Jumat (15/8/2014).

"Ke depan, perekonomian Malaysia diperkirakan akan tetap pada jalur pertumbuhan yang stabil," lanjutnya, sambil menambahkan pertumbuhan ekspor diperkirakan sedikit moderat di paruh kedua tahun ini.

Ekonom Affin Investment Bank, Alan Tan mengatakan, pertumbuhan pada paruh kedua diperkirakan akan datang di angka sekitar 5,2% yoy. "Pemulihan berbasis luas dalam ekspor dan permintaan domestik kemungkinan akan berlanjut di semester kedua," ujarnya.

Tan menyebutkan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini diperkirakan sedikit melebihi perkiraan pemerintah antara 5-5,5%.

Rata-rata inflasi sebesar 3,3% pada kuartal kedua, turun dari 3,% pada kuartal pertama. Bulan lalu, bank menaikkan suku bunga kebijakan, dengan tingkat bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 3,25% untuk mengendalikan inflasi.

Pemerintah berencana memperkenalkan pajak barang dan jasa tahun depan, yang ekonom nilai untuk membantu rasio lebih rendah dari rasio utang tertinggi di Asia terhadap PDB.

Tapi, ribuan pekerja memprotes rencana terebut, mereka khawatir kenaikan pajak 6% akan membebani konsumen yang sudah berjuang dengan kenaikan harga.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7850 seconds (0.1#10.140)