Pemerintah Perluas Sentra Industri Kecil

Selasa, 02 September 2014 - 14:45 WIB
Pemerintah Perluas Sentra Industri Kecil
Pemerintah Perluas Sentra Industri Kecil
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Euis Saedah mengatakan, pemerintah terus memperluas IKM dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan cara memperluas sentra-sentra di beberapa sektor industri menengah.

"Karena, kalau membantu satu-satu perusahaan, itu juga berat. Kecuali restrukturisasi, karena restrukturisasi itu untuk yang butuh bantuan mesin, kita subsidi sampai 50%. Tapi untuk pengembangan IKM terutama di luar Jawa itu kelompok sifatnya," ujarnya di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Pihaknya berharap, sentra ini menjadi kompetensi untuk membangun desa di mana desa tersebut harus berkembang dengan adanya sentra-sentra industri dan usaha kecil.

"Ini sekarang ada UU desa. Tiap desa punya bekal untuk membangun desanya. Nanti daripada bingung habisnya hanya untuk rapat dan honor, kita akan lihat pengembangan sentra apa yang ada di desa itu. Kita bantu, perkenalkan, sentra apa yang ada di desa itu, kita kembangkan, bantu pelatihan, dan pengadaan peralatan," tutur dia.

Euis juga mengharapkan, sentra-sentra ini akan menjadi tempat bertemunya intra-intra sektor di antara beberapa kementerian.

"Jadi bukan industri saja. Ada pertanian sebagai sektor bahan baku, apa yang diolah di desa itu, kemudian ada keinginan untuk industri desa mandiri," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5415 seconds (0.1#10.140)