Naikkan TDL, PLN Gampang Dapat Pinjaman Luar Negeri

Selasa, 02 September 2014 - 20:08 WIB
Naikkan TDL, PLN Gampang Dapat Pinjaman Luar Negeri
Naikkan TDL, PLN Gampang Dapat Pinjaman Luar Negeri
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) untuk beberapa golongan pelanggan per Senin, 1 September 2014.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji mengatakan, kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) tahun 2014 memberi dampak positif terhadap neraca keuangan BUMN kelistrikan ini. Reputasi perseroan di mata investor pun semakin baik.

Nur mengatakan, dengan kepercayaan investor tersebut, perseroan lebih mudah mendapatkan pinjaman ke luar negeri.

"Investor menafsirkan Pendapatan PLN yang dari pelanggan persentasenya semakin besar, maka kemampuan perusahaan itu untuk meng-collect revenue makin besar. Dan itu berdampak pada Kredibilitas," ujar Pamudji di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Dia menyebutkan, beberapa perbankan luar negeri telah menawarkan diri untuk mendanai sejumlah poryek pengembangan infrastruktur yang akan dilakukan PLN. Namun dia enggan menyebutkan berapa besar plafon pinjaman yang akan diterima.

"Sekarang bisa diamati PLN itu misalnya, bisa dapat pinjaman langsung dari bank luar negeri, dulu bank dari Finlandia memberi pinjaman. Sekarang dari Jepang juga menyatakan kepada PLN, bersedia beri pinjaman langsung kepada PLN," tutur dia.

Pamudji berharap, dengan terbukanya kesempatan tersebut, perseroan dapat melakukan pengembangan usaha yang lebih agresif yang pada akhirnya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kredibilitas PLN meningkat. Sehingga kita mendapat kemudahan untuk dapat pinjaman membiayai proyek kita. Dampaknya itu di situ. Namanya kalau revenue membaik, tentu kemampuan PLN untuk investasi membaik," tukasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5649 seconds (0.1#10.140)