Pefindo Turunkan Peringkat dan Prospek PTPN X

Rabu, 03 September 2014 - 14:58 WIB
Pefindo Turunkan Peringkat dan Prospek PTPN X
Pefindo Turunkan Peringkat dan Prospek PTPN X
A A A
JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X dan obligasinya menjadi idA dari sebelumnya idA+.

"Kami juga merevisi outlook peringkat perusahaan menjadi negatif dari stabil," kata analis Pefindo Mega Nugroho dalam rilisnya, Rabu (3/9/2014).

Dia menjelaskan, penurunan peringkat itu didorong menurunnya kinerja unit bisnis gula karena melemahnya harga gula dan rendahnya volume penjualan, sehingga mendorong melemahnya arus kas perusahaan.

Sementara prospek (outlook) negatif, dia mengatakan, untuk mengantisipasi memburuknya proteksi arus kas dan struktur permodalan perusahaan.

Peringkat PTPN X dapat diturunkan jika perusahaan gagal mencapai target volume penjualan disertai anjloknya harga gula di bawah estimasi, yang dapat melemahkan proteksi arus kas dan struktur permodalan.

Peringkat juga bisa berada dalam tekanan jika perusahaan menambah utang baru daripada yang diantisipasi, sehingga mempengaruhi profil keuangan perusahaan.

Sementara prospek peringkat dapat direvisi menjadi stabil jika perusahaan dapat meningkatkan proteksi arus kas dan struktur permodalan secara berkelanjutan didukung peningkatan harga gula, volume penjualan dan kontribusi lebih besar dari lini bisnis lainnya, seperti etanol, tembakau dan rumah sakit.

PTPN X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan pemrosesan tebu dan tembakau. Luas perkebunan perusahaan per akhir tahun lalu tercatat mencapai 79.115 hektare (ha), yang terdiri atas perkebunan petani plasma seluas 74.814 ha dan perkebunan milik sendiri seluas 1.327 ha.

Luas perkebunan tebu mencapai 77.788 ha dan perkebunan tambakau seluas 1.327 ha. Pabrik yang dimiliki perusahaan saat ini sebanyak 11 pabrik gula dan satu pabrik bioetanol, yang semuanya berlokasi di Jawa Timur.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0146 seconds (0.1#10.140)