Rachmat Gobel Diminta Perbaiki Neraca Perdagangan

Senin, 27 Oktober 2014 - 11:50 WIB
Rachmat Gobel Diminta Perbaiki Neraca Perdagangan
Rachmat Gobel Diminta Perbaiki Neraca Perdagangan
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) yang baru terpilih Rachmat Gobel memiliki PR khusus, salah satunya memperbaiki neraca perdangan Indonesia yang mengalami defisit.

Hal ini disampaikan Pengamat Perdagangan Sri Adiningsih. Menurutnya, neraca perdagangan Indonesia memang sering surplus, namun untuk akhir-akhir ini malah sering defisit.

"Ini memang banyak yang harus dikerjakan dan enggak mudah. Karena untuk mengatasai defisit neraca perdagangan itu banyak sekali. Efeknya pasti akan ke ekonomi kita kalau sampai defisit kita membengkak," ujarnya kepada Sindonews di Jakarta, Senin (27/10/2014).

Sri mengatakan, untuk mengatasinya harus ada pencarian terhadap pasar-pasar baru serta mengerti akan akses pasarnya sendiri.

Namun, yang paling penting adalah mendorong supaya pengusaha bisa efisien untuk memiliki daya saing baik di dalam maupun luar negeri.

"Ini juga supaya Indonesia dalam melakukan kerja sama perdagangan, bisa lebih efisien. Banyak sebenarnya yang bisa dilakukan. Kalau serius pasti bisa dilakukan, dan kemerosotan kita akan bisa teratasi," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7127 seconds (0.1#10.140)