Kementerian PU Bangun 5 Waduk per Tahun

Kamis, 30 Oktober 2014 - 16:02 WIB
Kementerian PU Bangun 5 Waduk per Tahun
Kementerian PU Bangun 5 Waduk per Tahun
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat akan memprioritaskan pembangunan waduk dengan target membangun lima waduk per tahun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, target tersebut diyakini tidak akan mengganggu prioritas pembangunan infrastruktur di bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat."Kita ketahui, pemerintah sekarang mencantumkan visi misi daulat pangan berbasis agri bisnis. Target pembangunan lima waduk per tahun ini tidak akan mengganggu pembangunan infrastruktur bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat," kata Basuki di Jakarta kemarin.

Menurut dia, pelaksanaan pekerjaan di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan berjalan dengan cepat."Nanti akan ada peraturan presiden yang mengatur pelaksanaan DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) yang ada saat ini sehingga penggabungan kementerian tidak akan menjadi hambatan. Program yang ada segera jalan dan masalah penggabungan kementerian ini sambil berjalan," ungkap dia.

Dia menjelaskan, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat tidak akan membentuk badan baru meski terjadi penggabungan Kementerian Perumahan Rakyat."Paling nanti akan dibentuk satu unit eselon satu apakah nanti direktorat baru atau bagaimana masih kami bahas," ucapnya. Basuki menambahkan, prioritas pembangunan waduk sebagaimana visi dan misi pemerintahan dengan membangun minimal lima waduk per tahun akan dilakukan berdasarkan inventarisasi calon waduk yang berjumlah 49 waduk di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Danang Parikesit menilai, pembangunan sektor infrastruktur transportasi di Kementerian PU dan Perumahan Rakyat tidak akan terpengaruh meski ada program prioritas pembangunan waduk. Pemerintahan saat ini juga punya titik prioritas di sektor transportasi.

"Saya rasa tidak akan memberikan pengaruh signifikan sebab infrastruktur jalan di Kementerian PU dan Perumahan Rakyat misalnya akan tetap berjalan," kata dia. Dia mencontohkan penambahan jalan termasuk perbaikan jalan nasional, akan lebih tepat sasaran karena bisa lebih terintegrasi.

Ichsan amin
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4293 seconds (0.1#10.140)