Padang Sukses Gelar Workshop Oneintwenty Movement

Minggu, 16 November 2014 - 15:40 WIB
Padang Sukses Gelar Workshop Oneintwenty Movement
Padang Sukses Gelar Workshop Oneintwenty Movement
A A A
PADANG - Workshop kewirausahaan Oneintwenty Movement yang dilaksanakan di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), pada 15-16 November 2014, sukses digelar.

Sebanyak 130 peserta begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Rangkaian acara mulai dari diskusi dan coaching diikuti dengan serius oleh para peserta.

CEO Smartpreneur-Pro Indonesia, Yuszak M Yahya dengan integritas tinggi memberikan materi yang sangat dibutuhkan para pelaku usaha. Kegiatan ini juga dibantu Aidil, salah satu coaching Smartprenur.

"Kita saat ini menghadapi era perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, kita harus menyiapkan diri dan menggali potensi yang dimiliki. Anda harus mengetahui pasar dan kekuatan produk. Kapan ekspansi, kapan mundur, kapan menarik diri dan mengganti usaha baru," ujarnya saat memberikan materi, Minggu (16/11/2014).

Sebelumnya, Yuszak mengingatkan, yang menakutkan dalam menghadapi perdagangan bebas adalah para pelaku usaha di dalam negeri belum siap menghadapi MEA 2015. Pemerintah dan stakholder berjalan sendiri-sendiri.

"Bagi pelaku usaha besar mungkin ini tidak menjadi masalah. Mereka memiliki akar bisnis yang kuat. Tapi, bagi pelaku usaha menengah-kecil ini ancaman. Mereka perlu pembinaan untuk menghadapi itu semua," imbuhnya.

Sekretaris Panitia Workshop Oneintwenty Movement Padang, Reza Saputra mengatakan, acara ini diharapkan akan berdampak positif bagi pertumbuhan UMKM di Tanah Air.

"Alhamdulilah acara berjalan dengan sangat lancar. Diharapkan UMKM di sini akan terus tumbuh dan berkembang. UMKM di Sumbar dan brand lokal banyak yang merambah pasar nasional, sehingga akan berdampak bagi pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat," ungkapnya.

Dia menuturkan, setelah acara ini, SBM baru langka awal, dan akan dilanjutkan sesi pendampingan bisnis secara intensif dengan metoda coaching selama 2 bulan, dengan delapan kali pertemuan.

"Diharapkan seluruh peserta dapat membuat business plan. Kita juga akan mengadakan businises plan kontes pada Januari 2015. Kami akan memilih lima business plan terbaik setiap kategorinya," tandas Reza.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3993 seconds (0.1#10.140)