Pemerintah Janji Segera Stabilkan Harga Cabai

Senin, 17 November 2014 - 12:35 WIB
Pemerintah Janji Segera Stabilkan Harga Cabai
Pemerintah Janji Segera Stabilkan Harga Cabai
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Sofyan Djalil berjanji segera menstabilkan harga cabai di beberapa daerah yang saat ini melambung.

Pasalnya, kenaikan harga salah satu bahan pokok ini dikarenakan musim kemarau panjang yang lebih lama dari biasanya. Sehingga, mengganggu hasil panen dikalangan petani daerah.

"Cabai ini kita tahu masalah lama. Begini, cabai ini ada waktu naik dan enggaknya, nah kalau musimnya begini, kan jadi tinggi. Kasihan petani cabai kita. Ke depannya ini yang perlu diperbaiki," ujarnya di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (17/11/2014).

Dia mengatakan, jika dapat mengalihkan subsidi BBM yang lebih produktif akan dapat memperbaiki storage atau tempat penyimpanan cabai. Termasuk beberapa produk pertanian lain seberti bawang-bawangan

"Ke depannya, kalau kita bisa mengalihkan subsidi BBM ke arah yang lebih produktif, kita akan memikirkan storage untuk cabai dan bawang merah. Langkah itu bisa langsung untuk jangka pendek dan menegah," tuturnya.

Sofyan juga menuturkan jika storage diperbaiki, maka dapat menekan harga cabai yang melambung tinggi sehingga dapat menjaga supplai pada cabai.

"Sekarang ini memang supplainya rendah sehingga harga tinggi. Tetapi di satu sisi itu bagus buat petani untuk menanam cabai di periode ini. Yang paling bagus itu harga cabai stabil dan storgae ini harus kita pikirkan," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6319 seconds (0.1#10.140)