Harga Sembako Dipastikan Stabil Setelah Tiga Bulan

Kamis, 20 November 2014 - 13:36 WIB
Harga Sembako Dipastikan...
Harga Sembako Dipastikan Stabil Setelah Tiga Bulan
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan, pasca kenaikan harga BBM subsidi, lonjakan harga barang kebutuhan pokok (sembako) akan kembali stabil dalam tiga bulan ke depan.

"Nanti setelah tiga bulan, pengalaman dulu setelah tiga bulan cenderung turun jadi enggak masalah," ujar Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Srie Agustina di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Srie mengatakan, saat ini kenaikan harga barang kebutuhan pokok berkisar antara 0,6% sampai 2,8%. Pihaknya memastikan akan terus menjaga pasokannya.

"Kedua, stok kebutuhan bahan pokok dari pantuan kita tersedia dengan cukup. Jadi kenaikan harga di luar cabai cuman 0,6% rata-rata sampai 2,8% saja pasca kenaikan BBM, kayak beras dan cabai," terangnya.

Menurut dia, melonjaknya harga cabai juga dikarenakan kurangnya pasokan sebesar 40%. Sementara, barang lainnya seperti tepung terigu dan minyak goreng mengalami penurunan.

"Yang lainnya itu malah ada yang turun, minyak goreng turun, tepung terigu turun, daging ayam naik sedikit, yang tinggi itu cabai tapi bukan karena BBM. Karena pasok cabai yang kurang , yang lahan ditanam itu sekarang lebih kurang 60%, jadi kita berkurang 40%," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0623 seconds (0.1#10.140)