Puspayoga Siapkan Program Kesejahteraan Petani dan Nelayan

Kamis, 20 November 2014 - 14:02 WIB
Puspayoga Siapkan Program Kesejahteraan Petani dan Nelayan
Puspayoga Siapkan Program Kesejahteraan Petani dan Nelayan
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga mengatakan, pihaknya siap menjalankan program kesejahteraan keluarga petani dan keluarga nelayan Indonesia.

Hal ini diwujudkan dengan cara memberikan pelatihan keterampilan kepada keluarga petani dan nelayan yang tidak bekerja, untuk mendapatkan penghasilan tambahan guna membantu keseharian hidup mereka.

"Gini, kalau urusan petani, itu urusannya Mentan. Jadi di Kemenkop itu, urusan keluarga petaninya yang kita fokuskan. Kita akan buat pelatihan keterampilan, kepada keluarga petani," ujarnya di Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Contohnya, Puspayoga melanjutkan jika di suatu tempat misalnya dibutuhkan pelatihan bengkel misalnya, maka Kemenkop akan lakukan itu. Misalnya harus dibutuhkan pelatihan menjahit, akan berikan pelatihan di sana.

"Setelah dilatih nanti, mereka akan kita berikan modal. Modalnya sendiri maksimal 25 juta akan kita berikan ke mereka. Semoga lancar. Ini akan kita laksanakan awal 2015," ujarnya.

Kegiatan tersebut, menurut Puspayoga merupakan kegiatan bantuan ekonomi produktif untuk keluarga nelayan dan petani agar hidup mereka jadi lebih baik.

"Jadi kita gotong royong sesama kementerian, contoh menteri PU, gimana harus membuat bendungan-bendungan. Bagaimana harus buat irigasi. Infrastruktur desa diperbaiki. Kita gotong royong. Kemudian dari Kemenkop kayak tadi, pelatihan keterampilan untuk keluarga petani dan keluarga nelayan. Nelayannya urusan menteri kelautan. Jadi kita fokus ke keluarganya," tandasnya.
(gpr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1165 seconds (10.177#12.26)