Rupiah Melemah, Ekspor Pertanian Justru Meningkat

Rabu, 03 Desember 2014 - 19:07 WIB
Rupiah Melemah, Ekspor Pertanian Justru Meningkat
Rupiah Melemah, Ekspor Pertanian Justru Meningkat
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rahmat Gobel mengatakan, jika rupiah melemah akan meningkatkan ekspor khususnya pada produk-produk pertanian serta manufaktur.

"Kalau teorinya jika rupiah melemah ekspor akan naik untuk produk-produk seperti pertanian, manufaktur seperti elektronik juga akan naik walaupun sedikit," ujarnya di Kemendag, Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Dia menambahkan, Kemendag akan mengupayakan kepastian rate pada rupiah dikarenakan pengusaha cenderung melihat ke arah tersebut.

"Kita upayakan pengusaha perlu kepastian ratenya agar bisa menghitung dan mengatur nilai tambah yang jelas rupiah melemah bisa lebih murah pada produk ekspor kita," jelasnya.

Di sisi lain, Staf khusus Mendag Gusmardi Bustomi mengungkapkan, melemahnya rupiah sangat berdampak positif pada produk dengan komponen impornya sedikit karena komponen tersebut dapat dihasilkan dari dalam negeri.

"Melemahnya rupiah sangat berdampak postif pada produk yang komponen impornya minimal karena dihasilkan dalam negeri, tidak ada impor," tuturnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4723 seconds (0.1#10.140)