Menkop UKM Puji Kinerja BRI soal KUR

Senin, 15 Desember 2014 - 18:31 WIB
Menkop UKM Puji Kinerja BRI soal KUR
Menkop UKM Puji Kinerja BRI soal KUR
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga memuji kinerja PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Pasalnya, BRI dianggap paling baik dalam menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Bahkan, dengan asumsi tersebut, dia tak mempermasalahkan jika bank pelat merah tersebut jadi pemain tunggal KUR.

"Paling bagus, tepat sasaran datanya kan memang BRI, kalau kaji lagi, pelaksana KUR tunggal enggak masalah," katanya usai menghadiri rapat koordinasi di kantor Kemenko bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (15/12/2014).

Dalam rapat koordinasi itu pihaknya akan melakukan pembatasan plafon penyaluran kredit dengan angka maksimal Rp25 juta. Sikap itu diambil supaya KUR bisa lebih merakyat.

Selain itu, pembatasan plafon KUR mengurangi kredit macet atau non performing loan (NPL) yang selama ini disumbangkan debitur besar di atas Rp25 juta.

"Plafon KUR maksimal sekarang Rp25 juta, ya selama ini NPL 4,2% disumbangkan dari debitur gede di atas Rp25 juta," ujar Agung.

Dia mengaku, saat ini sektor pertanian dan kelautan menjadi sasaran utama penyaluran KUR. Semakin dekatnya masyarakat dengan KUR, diharapkan mendorong perekonomian tanah air.

"Pertanian dan nelayan prioritas. Yang lain bukan berarti tidak prioritas. Ini program Presiden untuk swasembada pangan, kesejahteraan masyarakat pesisir," tutupnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1446 seconds (0.1#10.140)