Pabrik Gula di Lamongan Akan Dijadikan Raw Sugar

Senin, 22 Desember 2014 - 15:59 WIB
Pabrik Gula di Lamongan Akan Dijadikan Raw Sugar
Pabrik Gula di Lamongan Akan Dijadikan Raw Sugar
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membidik pabrik gula di Lamongan, akan dijadikan pabrik raw sugar pertama di Indonesia.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan, pembangunan pabrik gula di Lamongan tersebut didukung lahan masyarakat yang hampir 17 ribu hektare (ha).

"Justru saya mendapat informasi dari bupati bahwa, untuk mendukung gula rafinasi didukung lahan hampir 17 ribu ha oleh masyarakat. Masyarakat ikut partisipasi untuk mensupply tebu kepada industri gula di lamongan tersebut," ujarnya di kantor Kemenperin, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Dia mengatakan, pabrik berkapasitas 300 ribu ton per tahun ini secara bertahap akan mengurangi ketergantungan impor raw sugar Indonesia.

"Ya, paling enggak secara bertahap (mengurangi impor). Kita lihat di Lamongan nanti bisa memproduksi sampai berapa besar," imbuh Saleh.

Meski tidak mudah, namun pihaknya memastikan bahwa Indonesia membutuhkan 10 pabrik gula raw sugar untuk menghilangkan ketergantungan impor tersebut.

"Paling enggak kalau misalnya satu, yang di Lamongan dia bisa memproduksi raw sugar 200 ribu-300 ribu ton, berarti minimal 10 yang seperti itu. Tapi enggak semudah itu pelaksanaannya, pasti bertahap," pungkas dia.

(Baca: Industri Gula Rafinasi Didorong Produksi Raw Sugar)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6382 seconds (0.1#10.140)