BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Bali 6,5%

Rabu, 07 Januari 2015 - 00:01 WIB
BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Bali 6,5%
BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Bali 6,5%
A A A
DENPASAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali memprediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun ini mencapai 6,0-6,5%.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali, Dewi Setyowati mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada 2015 masih akan dipengaruhi sektor pariwisata.

"Kami memprediksi pertumbuhan ekonomi tahun ini sekitar 6,0-6,5%. Seperti diketahui sektor pariwisata ini belum ada yang mengalahkan, dan sektor pariwisata masih menjadi unggulan tingkatkan pertumbuhan ekonomi Bali," terangnya, di Denpasar, Bali, Selasa (6/01/2014).

Dia menuturkan selain sektor pariwisata pertumbuhan ekonomi masih didukung oleh sektor pertanian dan jasa.

Dewi mengatakan, pertumbuhan ekonomi 2015 juga dipengaruhi investasi. Provinsi Bali pada tahun ini masih memiliki proyek-proyek besar seperti pembangunan rumah sakit, jalan tol dan shortcut- shortcut.

Pada 2014 lalu, berdasarkan data BI investasi penyumbang pertumbuhan ekonomi sekitar 5,3%. Pertumbuhan ekonomi Bali sempat melambat pada triwulan II.

"Kami berharap pertumbuhan ekonomi di Amerika, Eropa, dan Autralia semakin membaik karena itu akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi kita," jelasnya.

Apabila wilayah tersebut pertumbuhan ekonominya baik, pasti akan mempengaruhi permintaan produk-produk dalam negeri. Salah satunya produk-produk etnik Bali permintaan ekspornya akan meningkat.

Selain pemerintah provinsi Bali akan menurunkan itu pajak. "Kami optimis pertumbuhan ekonomi sesuai dengan prediksi, seperti diketahui Bali ini pertumbuhan ekonominya selalu membaik," ujarnya.

Sementara pada 2014 lalu, BI Bali memprediksikan pertumbuhan ekonomi sekitar 5,9%.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5434 seconds (0.1#10.140)