Pemerintah Diminta Bentuk Pooling Fund Pengusaha Pemula

Selasa, 13 Januari 2015 - 17:18 WIB
Pemerintah Diminta Bentuk Pooling Fund Pengusaha Pemula
Pemerintah Diminta Bentuk Pooling Fund Pengusaha Pemula
A A A
BANDUNG - Pengusaha menyarankan pemerintah untuk membuat pooling fund untuk membiayai pengusaha pemula atau pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Hal ini dinilai bisa menjadi salah satu solusi sulitnya pengusaha pemula dan pelaku UKM mengakses pembiayaan bank komersil.

Ketua Bidang Hubungan Internasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Hardini Puspasari menuturkan, selama ini isu pembiayaan merupakan masalah yang sering dirasakan pengusaha pemula dan UKM.

Kendati ada Kredit Usaha Rakyat (KUR), namun pada praktiknya dana pinjaman untuk ekspansi bisnis tidak mudah diraih.

"Masalah di pembiayaan selalu terjadi. Makanya selain kebijakan yang khusus kepada pengusaha pemula, pemerintah bisa membuat pooling fund, bentuknya bisa bank atau apapun," ujarnya di sela-sela Musyawarah Nasional Hipmi di Bandung, Selasa (13/1/2015).

Menurutnya, pengalihan sejumlah dana hasil pemangkasan subsidi untuk dana pembangunan sejumlah proyek infrstruktur merupakan rencana bagus.

"Itu bagus, tapi jangan semua untuk infrastruktur. Sedikit untuk pembiayaan pengusaha pemula dan UKM dengan menyediakan pooling fund. Ini kan juga dana jadi produktif," tutur dia.

Seperti diketahui, belanja infratruktur dipatok sebesar Rp290 triliun pada 2015, meningkat dari tahun kemarin sebesar Rp139 triliun. Penurunan belanja subsidi juga memperbesar ruang fiskal, dan menjadikan ada tambahan belanja mencapai Rp145 triliun.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7046 seconds (0.1#10.140)