Adhi Karya Dirikan Perusahaan Patungan Transportasi

Minggu, 25 Januari 2015 - 11:52 WIB
Adhi Karya Dirikan Perusahaan Patungan Transportasi
Adhi Karya Dirikan Perusahaan Patungan Transportasi
A A A
JAKARTA - PT Adhi Karya Tbk (ADHI) bersama dengan tiga badan usaha milik negara (BUMN) mendirikan perusahaan patungan di bidang transportasi dan pengangkutan darat.

Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Ki Syahgolang Permata dalam keterangan perseroan mengatakan bahwa ketiga BUMN yang terlibat dalam pendirian perusahaan patungan itu, yakni PT Angkasa Pura (AP) II, PT Len Industri (LEN), dan PT Industri Kereta Api (INKA).

"Nama perusahaan patungan itu adalah PT Angkasa Pura Adhilenka," kata dia, akhir pekan ini.

Dia menjelaskan, kegiatan usaha perusahaan patungan itu adalah perencanaan, pembangunan, pengoperasian, dan pengusahaan dalam perkeretaapian khusus. Selain itu, juga dalam perencanaan, pengoperasian dan pengusahaan dalam automated people move system.

Adapun modal dasar pendirian perusahaan patungan empat perusahaan plat merah mencapai Rp1 triliun, dengan modal disetor senilai Rp250 miliar.

Sementara komposisi kepemilikan saham perusahaan patungan itu, mayoritas dikuasai AP II, dengan porsi saham mencapai 70%. Sedangkan Adhi Karya sekitar 21%, LEN dengan porsi 5% saham dan sisanya atau 4% dimiliki INKA.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7675 seconds (0.1#10.140)