Kawasan Industri Sei Mengkei Terbesar di Indonesia Barat

Selasa, 27 Januari 2015 - 17:34 WIB
Kawasan Industri Sei Mengkei Terbesar di Indonesia Barat
Kawasan Industri Sei Mengkei Terbesar di Indonesia Barat
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim bahwa kawasan industri Kuala Tanjung-Sei Mengkei yang seluas 2.000 hektare (ha), kawasan industri terbesar di Indonesia bagian barat.

Seperti diketahui, Jokowi hari ini melakukan peletakan batu pertama pembangunan tujuh proyek infrastruktur strategis di Sumatera Utara, yang dipusatkan di Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Mantan Walikota Solo ini pun menargetkan agar proyek infrastruktur tersebut dapat selesai dalam dua tahun.

"Kali ini adalah proyek terpadu, ada proyek Pelindo, Perkebunan, Jasa Marga, Inalum, swasta-swasta yang sebentar lagi juga masuk ke sini, PLN. Memang ini proyek terpadu. Kita harapkan, saya berikan target dalam dua tahun, Maret dua tahun lagi harus selesai dan saya resmikan," katanya seperti dikutip dalam laman Setkab, Selasa (27/1/2015).

Menurutnya, proyek ini merupakan proyek pertama dan sangat ambisius. Namun, dia meyakini bahwa proyek tersebut sangat realistis, dan harus dikerjakan bersama secara gotong royong.

Setelah proyek ini rampung, pengusaha mebel ini berjanji akan mendorong masuk ke dalam zona industri ke kawasan industri di Sei Mangkei.

"Kita harapkan kawasan ini jadi kawasan pertama pelabuhan terbesar yang ada di Indonesia bagian barat dengan kapasitas akhir, pelabuhan ini adalah 60 juta teus per tahun, karena Tanjung Priok dua tahun baru bisa mencapai kurang lebih 15 juta," terang Jokowi.

Melalui kawasan industri Sei Mengkei serta didukung oleh fasilitas pelabuhan, Jokowi berharap nantinya ekspor bahan mentah yang ada di kawasan Indonesia bagian barat sudah tidak terjadi lagi.

"Semuanya sudah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi dan kita ingin ekspornya juga naik, dan pada akhirnya nanti neraca perdagangan kita menjadi sebuah neraca perdagangan yang surplus yang positif, dan tentu saja pertumbuhan ekonomi kita akan bisa melompat naik setinggi-tingginya," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6719 seconds (0.1#10.140)