Mendag Indikasikan Buah Berbakteri Tak Hanya Apel AS

Kamis, 12 Februari 2015 - 14:50 WIB
Mendag Indikasikan Buah Berbakteri Tak Hanya Apel AS
Mendag Indikasikan Buah Berbakteri Tak Hanya Apel AS
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengindikasikan buah berbakteri yang masuk ke Indonesia tidak hanya apel asal Amerika Serikat (AS). Namun, banyak buah lainnya yang tidak layak konsumsi baik mengandung bakteri maupun berbahan kimia.

"Kita baru ribut-ribut masalah kandungan bakteri apel Amerika, padahal tidak sedikit buah-buahan yang berbakteri dan mengandung unsur kimia masuk ke Indonesia," katanya dalam seminar Jakarta Food Security Summit-3 di JCC, Jakarta, Kamis (12/2/2015).

‎Untuk itu, Kemendag sedang membentuk tim untuk mempelajari dugaan ini. Menurutnya, produk-produk yang tidak layak semestinya jangan didistribusikan ke konsumen.

"Kita berharap bisa menetapkan standar hasil produk seperti ‎standar hasil kesehatan dari badan POM. Ini penting, supaya di Indonesia jangan diberikan produk-produk murahan, yang pada akhirnya akan menarik minat para investor," terang Rachmat.

Dia mengatakan, di Malaysia sendiri belum lama ini ada indikasi kandungan formalin pada buah apel. Jadi, saat ini, isu keamanan buah-buahan merupakan masalah yang serius bagi kemananan konsumen.

"Apel di Malaysia pakai formulin. Jadi ini masalah yang sangat serius. Apalagi pasar kira pasar murah. Barang tidak berkualitas pun di konsumsi masyarakat Indonesia," katanya.

Untuk itu, Kemendag sedang mengembangkan dan mendorong terealisasinya program 5.000 pasar untuk mendukung atau memberikan tempat bagi produk dalam negeri untuk menjaga stabilitas supply bahan pokok dan mendorong hasil bumi di lokasi itu sendiri.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9732 seconds (0.1#10.140)