Menkeu Imbau KUR Diarahkan ke Pertanian

Jum'at, 13 Februari 2015 - 13:23 WIB
Menkeu Imbau KUR Diarahkan ke Pertanian
Menkeu Imbau KUR Diarahkan ke Pertanian
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengimbau agar Kredit Usaha Rakyat (KUR) dapat membantu sektor pertanian, termasuk nelayan.

Dia juga berkomitemn menanggulangi permasalahan kemiskinanan di Indonesia. Salah satunya dengan membenahi sistem KUR yang diharapkan dapat membantu rakyat kecil.

"KUR itu kredit yang diharapkan bisa membantu UMKM termasuk di dalamnya pertanian. Jadi penerimanya nanti bisa kepada kelompok petani. Hendaknya kita membina pedagang kecil seperti petani, jangan nanti cuma bikin kredit di sektor perdagangan," ujarnya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Bambang menjelaskan, program KUR yang selama ini dijalankan pemerintah tidak tepat sasaran. Bantuan untuk rakyat pengusaha kecil tersebut tidak menyentuh beberapa sasaran yang seharusnya pantas mendapatkan.

"KUR sistemnya sudah bagus hanya sasarannya saja yang salah. Jadi ada produksi yang kadang-kadang terlupa. Salah satunya petani, petani harusnya disebut UMKM. KUR kan untuk pengusaha kecil. KUR selama ini tidak menyentuh petani, nelayan, dan industri kecil," jelasnya.

Dia mengaku akan terus mendukung UMKM, melakukan penanggulangan kemiskinan, terutama pertanian. "Akan membuat program yang lebih mudah. Kita juga bisa berikan subsidi langsung, data akurat bisa cash langsung," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7572 seconds (0.1#10.140)