Perdana, Anggaran Subsidi Pangan Lebihi BBM

Jum'at, 13 Februari 2015 - 14:41 WIB
Perdana, Anggaran Subsidi Pangan Lebihi BBM
Perdana, Anggaran Subsidi Pangan Lebihi BBM
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa pemerintah berencana menganggarkan subsidi pangan atau pertanian dalam Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) sebesar Rp55,6 triliun.

Dia merinci, anggaran subsidi pangan atau pertanian sebesar Rp55,6 triliun, terdiri dari Rp18,9 triliun untuk pangan, Rp35,7 triliun untuk pupuk, dan Rp9 triliun untuk benih.

"Angka tersebut lebih tinggi dari besaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang sebesar Rp42 triliun," ujarnya di Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Subsidi pangan atau pertanian ini merupakan kali pertama mengalahkan subsidi BBM, yang selama ini nilainya melebihi subsidi lainnya. Hal itu lantaran pemerintah telah mencabut subsidi premium dan menerapkan harga BBM untuk jenis premium, solar dan minyak tanah mengikuti harga minyak dunia.

Sementara untuk pendistribusian subsidi pangan dan pertanian, pemerintah akan mengubah model agar lebih tepat sasaran.

"Pemerintah akan mengubah model penyaluran subsidi beras dan pupuk kepada masyarakat melalui sistem perbankan, menggunakan sistem kartu layaknya kartu pintar dan sehat. Pasalnya, subsidi beras dan pupuk yang diberikan selama ini tidak tepat sasaran," jelas dia.

Denagn demikian, pemerintah tidak akan lagi menurunkan harga beras atau produknya, melainkan langsung subsidi langsung ke orangnya agar tepat sasaran dan diharapkan mampu mengurangi angka kemiskinan di Tanah Air.

"Rencana ini sebagai bentuk dukungan langsung pemerintah kepada masyarakat serta pelaku sektor pertanian dan usaha kecil menengah untuk penanggulangan kemiskinan," pungkas Bambang.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1059 seconds (0.1#10.140)