BI: Transaksi Modal dan Finansial Surplus

Minggu, 15 Februari 2015 - 09:53 WIB
BI: Transaksi Modal dan Finansial Surplus
BI: Transaksi Modal dan Finansial Surplus
A A A
JAKARTA - Kepala Departemen Statistik Bank Indonesia (BI) Hendy Sulistyowati mengatakan, pada triwulan IV 2014, transaksi modal dan finansial mengalami surplus. Hal ini didukung aliran masuk investasi langsung asing (FDI) dan surplus investasi lain dari penarikan simpanan penduduk di luar negeri serta penarikan pinjaman LN korporasi.

Namun, surplus transaksi modal dan finansial ini masih lebih rendah dibandingkan dengan surplus triwulan III 2014 sebesar USD14,7 miliar atau senilai Rp187 triliun (kurs Rp12.725/USD). Kondisi ini terjadi karena keluarnya dana asing dari instrumen portofolio rupiah pada Desember 2014, yang dipicu meningkatnya kekhawatiran investor terkait rencana kenaikan Fed Fund Rate (menanggapi rilis data perbaikan ekonomi AS).

Secara keseluruhan, kinerja NPI 2014 mencatat perbaikan signifikan didukung oleh keberhasilan sinergi kebijakan stabilisasi yang ditempuh Bank Indonesia dan pemerintah. "NPI 2014 mencatat surplus USD15,2 miliar, setelah sebelumnya mengalami defisit USD7,3 miliar pada 2013," kata Hendy, akhir pekan lalu.

Perbaikan tersebut ditopang menyusutnya defisit transaksi berjalan dan meningkatnya surplus transaksi modal dan finansial. Sementara defisit transaksi berjalan menurun menjadi USD26,2 miliar (2,95% PDB) dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai USD29,1 miliar (3,18% PDB).

Perbaikan kinerja tersebut terutama dipengaruhi menurunnya impor akibat melemahnya permintaan domestik sebagai dampak dari moderasi pertumbuhan ekonomi.

Dari sisi ekspor, meskipun ekspor secara keseluruhan menurun. Hanya ekspor manufaktur yang membaik, sejalan dengan berlanjutnya pemulihan ekonomi AS yang turut membantu perbaikan kinerja tersebut. Selain itu, menyusutnya defisit neraca jasa dan meningkatnya surplus neraca pendapatan sekunder turut berkontribusi terhadap perbaikan kinerja transaksi berjalan.

"Pada sisi lain, surplus transaksi modal dan finansial tahun 2014 mencapai USD43,6 miliar, dari sebelumnya USD22,0 miliar pada 2013," ungkapnya.

Meningkatnya surplus transaksi modal dan finansial ini didorong oleh kepercayaan investor terhadap prospek perekonomian Indonesia. Proses perbaikan keseimbangan eksternal Indonesia yang tercermin pada struktur NPI yang lebih sehat diperkirakan akan terus berlanjut sejalan dengan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial yang ditempuh BI serta langkah reformasi fiskal pemerintah.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7240 seconds (0.1#10.140)