TPK Koja Tambah Layanan Baru

Minggu, 22 Februari 2015 - 17:58 WIB
TPK Koja Tambah Layanan Baru
TPK Koja Tambah Layanan Baru
A A A
JAKARTA - Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kapasitas layanan, Terminal Peti Kemas Koja (TPK Koja) terus menambah fasilitas baru. TPK Koja sejak Rabu (18/2/2015) lalu melayani service baru.

Layanan ini merupakan kapal CMA (China 2) dengan panjang keseluruhan LOA 213 meter, yang setiap servis-nya mampu membawa 1.500 Twenty-foot Equivalent Units (TEUs). Tujuannya adalah negara-negara di Asia.

Service baru yang bersifat weekly service ini, memiliki destinasi pelabuhan Interasia, yakni Jakarta, Surabaya. Selain itu juga menjangkau sejumlah pelabuhan di China, yakni Dalian, Xingang, Shanghai, Lianyungang, Chiwan, serta pelabuhan di Filipina, Davao. Waktu sandar layanan setiap Rabu pukul 19:00 sampai dengan Jumat pukul 01:00.

General Manager TPK Koja, Agus Hendryanto, mengatakan, penambahan layanan baru ini menunjukkan kepercayaan tinggi dari beberapa shipping line. Selain itu, wujud komitmen TPK KOJA untuk selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya.

"Kami akan terus mendorong kualitas dan kapasitas layanan di TPK Koja, melalui penambahan fasilitas-fasilitas baru. Investasi yang kami lakukan ini diharapkan mampu mempercepat aktivitas bisnis dari para pelanggan dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," kata Agus di Jakarta, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/2/2015).

Pada 2014, troughput TPK Koja mencapai 872.511 TEUs. Jumlah ini meningkat, dari posisi 2013 yang masih 851.885 TEUs, atau naik 2,42%. Kinerja operasional TPK Koja pada 2014 pun meningkat, khususnya untuk box container per hour (BCH) mencapai 26,30.

“Dengan peningkatan troughput tersebut, tentunya harus diimbangi dengan komitmen bersama, antara pemegang saham dan manajemen TPK Koja beserta seluruh karyawan TPK Koja,” kata Agus.

Dia menambahkan, komitmen menambah layanan di TPK Koja dapat terlihat dari adanya sejumlah investasi alat-alat baru dan perluasan Container Yard (CY). Semua ini dilakukan oleh pemegang saham, yakni PT Pelindo II (Persero) dan Hutchison Port Indonesia (HPI) yang dilakukan secara konsisten.

Pada 2014, Pelindo II dan HPI menambah crane baru super post Panamax dengan twin lift dengan jangkauan 22 row, serta refurbishment terhadap crane no.6 menjadi Twin-lift sehingga crane di TPK Koja dapat bekerja lebih produktif lagi.

Ada juga penambahan tiga RTGC, sehingga total RTGC di TPK KOJA telah mencapai 25 unit dan 20 unit telah heighten 5 + 1. Penambahan dua unit reach stacker dan satu unit empty handler. Penambahan delapan unit trucking, sehingga total 48 head truck dan 60 chasis.

Perluasaan lapangan penumpukan sekitar 3,8 hektar, sehingga total area 32,73 ha. Selain itu juga ada pengembangan pelayanan auto gate system dan membangun gate baru, gedung kantor baru, workshop peralatan serta back up genset power house baru.

"Kami sangat mengapresiasi komitmen pemegang saham dalam meningkatkan kualitas layanan TPK Koja. Dengan dilakukannya investasi tersebut, maka tugas berat tersebut ada di manajemen berserta seluruh karyawan TPK Koja untuk lebih membuktikan bentuk sebuah pelayanan yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” pungkas Agus.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7920 seconds (0.1#10.140)