Hipmi Dorong Anggotanya Investasi Beras

Selasa, 24 Februari 2015 - 17:32 WIB
Hipmi Dorong Anggotanya...
Hipmi Dorong Anggotanya Investasi Beras
A A A
JAKARTA - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menyatakan, akan mendorong anggotanya untuk berinvestasi dan meningkatkan produksi beras. Hal ini dikarenakan harga beras yang melambung memicu dunia usaha turun tangan.

Ketua Umum Hipmi Bahlil Lahadahlia mengatakan, pihaknya akan mendorong anggotanya untuk masuk di industri beras. Dengan solusinya harus ada investasi dan industrilisasi beras. Dia juga mengungkapkan ada ketidakseimbangan antara supply dan demand beras di Tanah Air.

"Demand-nya meningkat tajam sementara dari sisi supply kita sangat sedikit. Krisis beras, bila tak dapat diatasi secara sistematis akan terulang lagi ke depan," ujarnya di Papua, Selasa (24/2/2015).

Pasalnya, faktor demografi luput dari analisa para pakar dan pengambil kebijakan selama ini. Bahlil menegaskan ini tidak hanya urusan ada mafia atau tidak. Menurutnya ada fakta lain dari sisi demografi yang berkembang saat ini yang luput dari pandangan.

Saat ini, Indonesia mengalami ledakan penduduk. Tak hanya itu, jumlah usia produktifnya sangat tinggi dan konsumsi pangannya juga tajam. Pada tahun ini, penduduk Indonesia mencapai 240 juta jiwa.

"Bayangkan sebagian besar dari penduduk tersebut memasuki usia produktif. Pada 2018 kita masuk era bonus demografi. Pada usia tersebut bisa dibayangkan konsumsi pangannya seperti apa? Dan beras masih menjadi sumber utama pangan kita," jelasnya.

Di sisi lain, lahan pertanian semakin sempit dan infrastruktur irigasi terbengkalai. Hal ini membuat para petani tidak tertarik lagi memanfaatkan lahannya untuk menanam padi.

"Sebab itu kita butuh modal besar serta investasi agar industri yang membuka lahan-lahan baru untuk persawahan. Kita harus membantu petani yang kapasitas dan modalnya sangat kecil," pungkas Bahlil.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0812 seconds (0.1#10.140)