Target TKDN Industri Migas Tahun Ini Meningkat 65%

Rabu, 25 Februari 2015 - 14:46 WIB
Target TKDN Industri Migas Tahun Ini Meningkat 65%
Target TKDN Industri Migas Tahun Ini Meningkat 65%
A A A
JAKARTA - Pemerintah menargetkan penyerapan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) tahun ini di sektor industri minyak dan gas bumi (migas) meningkat 65% dibanding tahun lalu sebesar 54%.

Plt Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja optimistis penyerapan TKDN di sektor migas mampu ditingkatkan walaupun diiringi merosotnya harga minyak dunia.

Karena itu, pihaknya berharap investor dalam negeri maupun luar negeri tidak menunda proyeknya, seperti proyek Indonesia Development Deepwater (IDD) dan Blok Masela.

"Targetnya TKDN tahun ini meningkat 65% dari proyek-proyek tersebut, minimum 60%," katanya di Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Menurut dia, proyek-proyek besar tersebut sangat berpengaruh terhadap peningkatan TKDN. Dengan demikian, proyek tersebut akan tetap dilanjutkan dengan meningkatkan pengadaan barang dan jasa dari dalam negeri.

Dia mencontohkan, strategi mendorong peningkatan TKDN Blok Masela menggunakan kapal besar dengan meminta lokal konten dapat dilakukan di Batam.

"Kita minta konsumsinya ada di Batam. Nanti investor, seperti Shell sama Inpex bangun yacht di Batam. Jadi lambung yang besar dibangun di Batam," jelasnya.

Di sisi lain, pemerintah juga akan memberikan insentif terhadap industri lokal yang mampu meningkatkan TKDN hingga 40%. Adapun insentif berupa kemudahan pajak dan tax holiday.

Sementara Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai Satuan Kerja Khusus Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Hery Margono mengaku sulit meningkatkan TKDN hingga 65%.

Menurutnya, peningkatkan TKDN hanya naik sedikit diatas 50% karena proyek-proyek migas, seperti IDD kandungannya sulit jika dibuat di dalam negeri, sehingga harus impor.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5790 seconds (0.1#10.140)