Gapki Pilih Ketua Umum Baru

Kamis, 26 Februari 2015 - 12:03 WIB
Gapki Pilih Ketua Umum Baru
Gapki Pilih Ketua Umum Baru
A A A
SEMINYAK - Para pengusaha yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) memilih kepengurusan baru periode 2015-2018 dalam Musyawarah Nasional IX Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) di The Trans Resort, Seminyak, Bali, Kamis-Jumat (26-27/2/2015).

"Sesuai dengan AD/RT kami, Munas ini untuk menggantikan kepengurusan Gapki periode 2012-2015‎ yang akan demisioner," kata Ketua Organizing C‎ommitte (OC) Munas IX Gapki Eddy Martono di Seminyak, Kamis (26/2/2015).

Eddy mengatakan bahwa per Januari 2015, anggota Gapki berjumlah 652 perusahaan. Mereka merupakan perusahaan kelapa sawit nasional, pembibitan sawit, dan penelitian di bidang kelapa sawit.

Sementara itu, total lahan dari 652 perusahaan tersebut mencapai 3,66 juta hektare (ha) atau setara dengan 36% dari total luas lahan sawit Indonesia yang mencapai sekitar 10 juta ha.

‎"Dengan cakupan yang luas tersebut, kami mengharapkan bisa merepresentasikan kepentingan industri kelapa sawit nasional," katanya.

Menurut Eddy, saat ini terdapat 12 cabang Gapki di seluruh Indonesia, antara lain Gapki cabang Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Sulawesi.

Ketua Umum Gapki periode 2012-2015 Joefly J Bachroeny mengharapkan munas ini berjalan sukses dan akan terpilih pengurus ‎yang mampu membawa organisasi ini untuk kepentingan industri sawit nasional.

"Industri sawit ini merupakan komoditas strategis nasional, namun demikian saat ini dan ke depan menghadapi tantangan besar, terutama datangnya dari luar. Oleh karena ketua umum terpilih harus mampu mengatasi tantangan-tantangan tersebut," kata Joefly.

Dia tak bersedia mengungkapkan siapa saja kandidat yang akan bersaing dalam munas ini. Namun ‎di arena munas, beredar tiga nama sebagai kandidat yang akan bersaing untuk memimpin Gapki tiga tahun ke depan. Mereka antara lain, Joko Supriyono, Mona Surya, dan Tjokro Putro Wibowo.

Diketahui, ‎Joko Supriyono sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Gapki selama dua periode. Joko yang merupakan kandidat kuat Ketua Umum Gapki periode 2015-2018, saat ini juga menjabat Direktur PT Astra Agro Lestari Tbk.

Mona Surya sebelumnya merupakan Bendahara Gapki dan saat ini menjabat Direktur Utama PT Minanga Ogan, sebuah perkebunan kelapa sawit di Sumatera Selatan.

Sementara Tjokro Putro Wibowo ‎sebelumnya merupakan Ketua Gapki bidang Organisasi. Tjokro saat ini merupakan Direktur Utama PT Unggul Widya Lestari, sebuah perkebunan kelapa sawit di Sulawesi Barat.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6640 seconds (0.1#10.140)