Menkop Berharap Program WMM Tingkatkan Wirausaha

Selasa, 10 Maret 2015 - 13:33 WIB
Menkop Berharap Program WMM Tingkatkan Wirausaha
Menkop Berharap Program WMM Tingkatkan Wirausaha
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Anak Agung Ngurah Gede Puspayoga berharap program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang dihelat PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dapat menambah jumlah wirausaha di Indonesia yang kini hanya 1,65% dari total penduduk Indonesia.

Dia mengatakan, pemerintah menargetkan jumlah wirausaha Indonesia dapat meningkat hingga 2% dari total penduduk Indonesia. Sebab itu, program WMM ini harus terus dilakukan dan ditindaklanjuti.

"Program ini di samping mengurangi jumlah pengangguran, namun juga untuk bisa mencapai target entrepreneur kita yang baru 1,65%, target minimal 2% dari total penduduk Indonesia," ucapnya di gedung Mandiri Club, Jakarta, Selasa (9/3/2015).

Menurutnya, jumlah wirausaha Indonesia masih kalah jauh dibanding negara tetangga. Saat ini total wirausaha di Singapura 7%, Malaysia 5%, dan Thailand 3% dari total penduduk negerinya.

"Kita yang mempunyai penduduk 250 juta masih di bawah 2%. Harapan saya program ini berlanjut, di samping mengurangi pengangguran juga menaikkan kelas pelaku usaha dari pelaku mikro ke kecil ke menengah, syukur-syukur naik menjadi pengusaha besar," jelas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) kembali menggelar program wirausaha bertajuk Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang ke-8. Program yang dimulai sejak 2007 ini dilatarbelakangi keprihatinan Bank Mandiri terhadap besarnya jumlah pengangguran, terutama kalangan generasi muda.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Pahala N Mansyuri menuturkan, program ini merupakan salah satu kontribusi Bank Mandiri untuk mengembangkan wirausaha di Indonesia. Program ini meliputi penghargaan, workshop, beasiswa, dan modul kewirausahaan.

"Ada tahapan, hari ini penjurian, Kamis awarding-nya ke pemenang wirausaha sendiri," ucapnya dalam kesempatan yang sama.

(Baca: Tekan Pengangguran, Mandiri Kembali Gelar Program WMM)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0338 seconds (0.1#10.140)