Menperin Dorong Investor Jepang Tingkatkan Ekspor RI

Minggu, 15 Maret 2015 - 18:39 WIB
Menperin Dorong Investor Jepang Tingkatkan Ekspor RI
Menperin Dorong Investor Jepang Tingkatkan Ekspor RI
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mendorong investor dan para pemimpin perusahaan asal Jepang yang berbisnis di Indonesia meningkatkan investasi serta mendongkrak ekspor.

Hal tersebut disampaikan Menperin saat mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu para pengusaha dan investor Jepang di Tokyo, untuk membahas peningkatan kerja sama dan investasi di Indonesia.

Sejumlah pimpinan perusahaan besar Jepang yang ditemui, antara lain Chairman Inpex Corporation Naoki Kuroda, Representative Director/Executive Vice President Mitsui & Co Ltd Shintaro Abe, dan President Tokyo Gas Michiaki Hirose.

Saleh mencontohkan salah satu perusahaan Jepang, Mitsui yang hampir seratus tahun berinvestasi di Indonesia akan terus mengembangkan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) dan pelabuhan Tanjung Priok.

"Termasuk juga kerja sama investasi dengan Yamaha untuk meningkatkan produksi motor R25 yang berkapasitas mesin 250cc dengan tujuan pasar ekspor ke beberapa negara di Amerika, Eropa dan Jepang,” ujarnya dalam rilis, Minggu (15/3/2015).

Menurut Mitsui,‎ pertemuan itu juga berbuah komitmen beberapa pengusaha besar Jepang menanamkan investasinya di Indonesia, bahkan yang sudah lama berinvestasi di Indonesia akan terus memperbesar jumlah investasinya.

Sektor yang akan dikembangkan, antara lain automotif, infrastruktur, migas, dan kelistrikan. Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri Dubes RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra, Kepala BKPM Franky Sibarani, dan Ketua Tim Ekonomi Wapres Sofjan Wanandi.

"Saya berharap para investor Jepang terus meningkatkan kapasitas produksi dan memperbesar ekspor barang-barang yang diproduksi di Indonesia," terangnya.

Hal ini sekaligus diharapkan turut mengembangkan industri nasional, menciptakan nilai tambah, memperluas lapangan kerja, dan menghasilkan devisa. "Jadi tidak hanya memanfaatkan pasar domestik kita, tapi juga punya paradigma ekspor," papar Mitsui.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8774 seconds (0.1#10.140)