BKPM-Jetro Siap Atasi Hambatan Investasi Jepang ke RI

Senin, 23 Maret 2015 - 14:38 WIB
BKPM-Jetro Siap Atasi...
BKPM-Jetro Siap Atasi Hambatan Investasi Jepang ke RI
A A A
TOKYO - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan, kerja sama BKPM dan Japan External Trade Organization (Jetro) memiliki arti penting meningkatkan kualitas promosi potensi investasi Indonesia di kalangan investor Jepang.

Termasuk memfasilitasi proses realisasi investasi kedua negara. Melalui penandatanganan ini, Jetro akan mencari informasi investor serius menanamkan modal ke Indonesia. Penandatanganan MoU tersebut merupakan salah satu agenda kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Jepang, 23-25 Maret 2015.

"Beberapa poin penting dalam kerja sama BKPM dan Jetro adalah kerja sama melakukan fasilitasi bagi investor Jepang yang ingin berinvestasi ke Indonesia," ujar dia dalam rilisnya, Senin (23/3/2015).

Fasilitasi tersebut, lanjut Franky, selain bentuk fasilitasi pencarian mitra bagi investor Jepang yang ingin mengembangkan bisnisnya di Indonesia, maupun pengusaha Indonesia yang ingin mencari mitra perusahaan Jepang. Termasuk mengatasi hambatan investasi yang dialami investor dalam proses realisasi investasi.

Poin penting lainnya adalah Jetro akan membantu peningkatan kapasitas pegawai BKPM dalam hal memberikan pelayanan prima kepada investor.

"Saya kira peningkatan kapasitas ini penting untuk mendukung orientasi BKPM ke depan memberikan end to end service kepada investor, sejak merencanakan investasi, mengurus aplikasi perizinan dan melakukan fasilitasi ketika merealisasikan investasi hingga ke daerah," Jelas Franky.

Layanan BKPM terhadap investor Jepang mulai dilakukan sejak investor masih di Jepang melalui Kantor Perwakilan BKPM di Tokyo. Untuk poin penting lainnya dalam kerja sama ini, kesepakatan untuk kerja sama komunikasi dengan komunitas bisnis, berbagi informasi kebijakan dan pemanfaatan publikasi berkala.

Hal tersebut, akan memperkuat penetrasi kantor perwakilan BKPM di Tokyo menarik minat investor Jepang. "Kantor perwakilan BKPM di Tokyo selama ini secara informal sudah bekerja sama dengan Jetro dalam penyelenggaraan promosi investasi. Dengan pelembagaan kerja sama ini, kantor perwakilan BKPM dapat memiliki medium yang pasti untuk menjaring minat dan mengawal komitmen investor Jepang menanamkan modal di Indonesia," terang dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0866 seconds (0.1#10.140)