Tingkatkan Jumlah Investor, RI Promosikan PTSP ke Jepang

Rabu, 25 Maret 2015 - 10:28 WIB
Tingkatkan Jumlah Investor, RI Promosikan PTSP ke Jepang
Tingkatkan Jumlah Investor, RI Promosikan PTSP ke Jepang
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia mempromosikan manfaat sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) ke Jepang demi menjaring lebih banyak investor dari negeri Sakura tersebut untuk berinvestasi di dalam negeri.

Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke Jepang pada acara Indonesia Business Forum di Tokyo, kemarin (24/3/2015), penyelenggara memutar video tentang PTSP Pusat di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, pemutaran video tersebut untuk mempromosikan keberadaan PTSP Pusat di BKPM dan meyakinkan investor Jepang bahwa layanan yang diluncurkan Presiden Jokowi pada 26 Januari lalu bermanfaat memberikan kemudahan bagi investor yang akan menanamkan modalnya di Indonesia.

“Ketika kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke Jepang minggu lalu, isu perizinan juga diangkat oleh investor Jepang kepada wapres. Saat itu, sudah dijelaskan reformasi perizinan investasi yang dilakukan pemerintah dengan launching PTSP Pusat oleh presiden untuk menciptakan perizinan yang cepat, sederhana, transparan dan terintegrasi,” tutur Franky dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (25/3/2015)

Dia menambahkan, BKPM sebenarnya sudah melakukan upaya pengenalan keberadaan PTSP Pusat kepada investor Jepang, baik yang ada di Indonesia maupun di Jepang.

“Kami telah menggelar investor forum untuk investor dari Jepang guna mengenalkan keberadaan PTSP Pusat. Bahkan, menyambut kunjungan Presiden ke Jepang, TV Nasional Jepang NHK membuat liputan khusus tentang PTSP Pusat,” jelasnya.

Persepsi investor Jepang terhadap prospek investasi di Indonesia sebenarnya cukup baik. Survei Japan Bank International Cooperation (JBIC) tahun 2014, menempatkan Indonesia pada urutan kedua negara yang paling menjanjikan untuk investasi setelah India.

Tahun sebelumnya, Indonesia bahkan menduduki peringkat pertama sebagai negara paling menjanjikan dalam investasi di mata investor Jepang.

“Selain itu, survei dari Jetro Jepang menyebutkan 2/3 investor Jepang yang sudah berinvestasi di Indonesia melakukan perluasan usaha. Dengan keberadaan PTSP Pusat, saya optimis peringkat Indonesia sebagai negara paling menjanjikan dalam investasi semakin baik,” kata Franky.

Jepang merupakan salah satu negara yang paling banyak berinvestasi di Indonesia. Sejak tahun 2010, Jepang senantiasa menjadi lima besar negara yang berinvestasi di Indonesia.

Pada 2014, Jepang menempati peringkat kedua negara dengan investasi terbesar senilai USD2,7 miliar atau 9,5% dari total investasi asing ke Indonesia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0627 seconds (0.1#10.140)