Perajin Guci Nikmati Kenaikan USD

Kamis, 26 Maret 2015 - 01:39 WIB
Perajin Guci Nikmati Kenaikan USD
Perajin Guci Nikmati Kenaikan USD
A A A
JAKARTA - Ketua Koperasi Setyabawana Kasongan Timbul Raharja mengatakan, kenaikan dolar Amerika Serikat (USD) terhadap rupiah yang terjadi saat ini membuat omzet para perajin guci mengalami peningkatan.

Menurutnya, jika pada hari biasa sebelum ada kenaikan USD, ekspor mencapai 8.000 guci atau sekitar 20 kontainer dalam setiap bulannya. Beberapa daerah yang selama ini menjadi pelanggan tetap dan pasar terbesar adalah Australia, Eropa dan Amerika Serikat.

Adanya kenaikan USD ini, beberapa negara juga menunjukkan peningkatan permintaan. "Seperti Amerika Latin, Korea dan Kepulauan Karibia juga sudah ada peningkatan," katanya, Rabu (25/3/2015).

Meski belum mengetahui secara detil, namun Timbul memperkirakan omzet para perajin di Kasongan mengalami kenaikan sekitar 20% usai ada kenaikan USD. Hanya saja, peningkatan keuntungan imbas dari kenaikan USD tersebut tidak akan berlangsung lama, sekitar sebulan atau dua bulan.

Sebab, lanjut dia, setelah itu para buyer (pembeli) juga akan meminta penyesuaian. Bagi eksportir yang bertransaksi menggunakan rupiah, kenaikan USD tersebut tidak akan terlalu dirasakan. Namun bagi yang menggunakan USD, kenaikan tersebut berimbas positif terhadap mereka.

Timbul mengatakan, di Kasongan hanya sedikit yang bertransaksi dengan USD, sebagian besar masih menggunakan rupiah. "Ada sekitar 10 eksportir di sini," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6176 seconds (0.1#10.140)