Mendag Ingin Toko Ritel Indonesia Tiru Jepang dan China

Rabu, 01 April 2015 - 11:54 WIB
Mendag Ingin Toko Ritel Indonesia Tiru Jepang dan China
Mendag Ingin Toko Ritel Indonesia Tiru Jepang dan China
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel menginginkan toko ritel yang ada di Indonesia dapat meniru toko-toko yang ada di Jepang dan China.

Hal tersebut dikatakannya setelah menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di dua negara tersebut pekan lalu.

Saat kunjungan tersebut, Rachmat menyempatkan diri untuk mengintip toko-toko ritel yang ada di sana, dan dibuat terkagum dengan penataan produk di toko tersebut. Pasalnya, produk lokal dari masing-masing negara mendominasi seisi toko.

"Saya perhatikan bagaimana kekuatan bangsa itu, mereka jaga pangsa pasarnya sehingga produk lokal bisa jadi tuan rumah, setiap ke negara-negara saya selalu lihat," tuturnya di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Menurutnya, bertenggernya produk lokal tersebut di masing-masing toko, menandakan kecintaan dan rasa nasionalisme mereka terhadap produk asli buatannya. Sebab itu, dia sangat menginginkan agar pengusaha retail dan industri dapat bersatu agar masyarakat Indonesia dapat mencintai produk lokal asli buatan Tanah Air.

"Industri punya kebutuhan retail sebagai tempat memasarkan. Begitu juga retail punya ketergantungan ke produk dalam negeri, ini peran Aprindo mengetuk hati semua, bagaimana kita bisa menjadi seperti Jepang dan China untuk beri dukungan antara retail dan industri," tandas Mendag.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7207 seconds (0.1#10.140)