Pemerintah Akan Kurangi Jumlah Pabrik Gula

Senin, 06 April 2015 - 12:00 WIB
Pemerintah Akan Kurangi Jumlah Pabrik Gula
Pemerintah Akan Kurangi Jumlah Pabrik Gula
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian menyatakan akan mengurangi jumlah pabrik gula (PG) di Pulau Jawa yang saat ini mencapai lebih dari 50 unit.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menjelaskan, gula kristal putih (GKP) diproduksi oleh 62 PG, terdiri dari 50 PG BUMN dan 12 PG swasta.

Untuk menunjang penguatan industri gula berbasis tebu dalam negeri, menurut dia, perlu adanya efisiensi pabrik dan pembaharuan mesin di PG.

"Kami akan memilih beberapa PG yang potensial untuk tingkatkan kapasitasnya menjadi di atas skala keekonomian, yaitu lebih dari 600 ton tebu/hari dengan mesin atau peralatan modern serta automatisasi," ujar saat rapat kerja (raker) di Komisi VI DPR RI Jakarta, Senin (4/6/2015)

Pengadaan ini, ujar Saleh, didukung program intensifikasi lahan untuk menjamin ketersediaan bahan baku tebu. Di samping itu, perlu segera dikembangkan perkebunan tebu baru (ekstensifikasi) dan dibangun PG baru yang diarahkan di luar Pulau Jawa dengan kapasitas minimal 10.000 ton tebu/hari.

"Hal ini agar memungkinkan melakukan integrasi dengan memproduksi listri dari ampas tebu dan mengembangkan industri bioethanol dari tetes tebu dan lainnya agar lebih efisien dan dapat bersaing dengan produsen luar negeri," tandas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4226 seconds (0.1#10.140)