Bank Berebut Nasabah Kartu Kredit

Rabu, 15 April 2015 - 23:12 WIB
Bank Berebut Nasabah Kartu Kredit
Bank Berebut Nasabah Kartu Kredit
A A A
MAKASSAR - Persaingan bisnis di sektor perbankan semakin ketat. Sejumlah bank memutar otak meningkatkan pengumpulan dana murah mereka. Berbagai trik dilakukan demi menggaet nasabah baru. Salah satunya menyasar segmen menengah atas melalui penggunaan kartu kredit.

Promo dan beragam fasilitas bagi pengguna kartu kredit cukup mumpuni dalam menarik animo masyarakat menjadi nasabah. Apalagi diskon yang ditawarkan hingga 70% untuk beberapa item tertentu.

Di Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa bank juga melakukan hal serupa. Tidak saja bank pelat merah, tapi juga bank konvensional terus menggenjot promo demi menggerus market share antar sesama bank kompetitor.

Seperti yang dilakukan manajemen Bank Mega Makassar yang menjagokan Mega Credit Cardnya, begitupun dengan Bank Bukopin dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Regional Usage & Sales Card Manager Bank Mega Makassar, Vonny Ridho mengatakan, awal tahun memang sudah banyak dihadirkan beragam keuntungan bagi pengguna kartu kredit Mega, tidak saja diskon untuk kebutuhan elektronik, tapi juga kebutuhan kuliner semua diberikan untuk nasabah setia.

“Kami saat ini menawarkan diskon di beberapa tenant-tenant kuliner yang promonya sudah berlangsung sejak Maret dan berakhir pada 15 April. Di mana diskon yang ditawarkan bervariasi mulai 15%-50%, yang bertujuan meningkatkan volume transaksi nasabah,” terangnya.

Dia menjelaskan, saat ini tenant yang diajak kerja sama sudah lumayan banyak tidak saja kuliner di sejumlah resto, tapi juga beberapa hotel berbintang dengan kisaran 200 tenant khusus kota Makassar di luar tenant hotel.

Vonny Ridho menjelaskan, di setiap bulan khusus regional makassar volume transaksi mencapai Rp250 miliar per bulan dari target sales volume tahun ini Rp2,8 triliun. Di mana jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu Rp2,2 triliun.

Secara terpisah, Koordinator Regional Card Centre Sulawesi Bukopin Makassar, Roby Syamsir memaparkan, tidak dipungkiri promo yang ditawarkan dapat meningkatkan volume transaksi, makanya setiap saat dihadirkan diskon agar mereka menggunakan kartunya.

Dia mencontohkan, saat ini dihadirkan program Kuliner Makin Seru dengan Kartu Kredit Bukopin diskon hingga 50% dengan periode promo 28 Februari-26 April 2015 khusus kota Makassar. Dari promo itu ditargetkan transaksi Rp5 miliar.

“Rata-rata volume transaksi kartu kredit sebulan di kisaran Rp12 miliar dengan jenis transaksi tidak saja kuliner, tapi di seluruh merchant yang sudah bekerja sama. Jumlah transaksi tahun ini menurun bila dibandingkan tahun lalu Rp15 miliar,” paparnya.

Roby mengungkapkan, sampai saat ini pengguna kartu kredit Bukopin mencapai 25 ribu dengan target transaksi akhir tahun sebesar Rp140 miliar.

Sementara itu, BNI dalam menggenjot pengumpulan dana pihak ketiga melalui pemanfaatan kartu kredit, secara rutin menggelar shopping race bekerja sama beberapa swalayan ternama.

Head of Networking and Service PT BNI (Persero) Tbk Makassar, Saiful Fikri menyatakan, Januari-Februari lalu penambahanpengguna kartu kredit BNI mencapai 2.500 akun, dengan total transaksi Rp230 miliar dan khusus yang tercatat melalui EDC (Electronic Data Capture) BNI mencapai Rp170 miliar.

“Sepanjang 2014 lalu, transaksi kartu kredit melalui mesin EDC BNI mencapai Rp1 triliun, atau tumbuh 34% (YoY), sedangkan transaksi menurut kartu kredit mencapai Rp1,1 triliun dengan pertumbuhan 29%,”paparnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3807 seconds (0.1#10.140)