Rupiah Anjlok, MNC Bank Stop Kredit Valas

Senin, 04 Mei 2015 - 13:23 WIB
Rupiah Anjlok, MNC Bank...
Rupiah Anjlok, MNC Bank Stop Kredit Valas
A A A
JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) memutuskan untuk menyetop sementara pemberian kredit valas kepada nasabah. Hal ini mengingat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) kembali anjlok hingga melewati Rp13.000 per USD.

"Kredit valas ada, tapi saat ini kami stop dulu karena kurs seperti ini," ucap Presiden Direktur MNC Bank Benny Purnomo di KCP MNC Bank, Pluit, Jakarta, Senin (4/5/2015). (Baca: MNC Bank Gelontorkan Rp2 Miliar Buka Cabang di Pluit).

Menurutnya, keputusan perseroan untuk menyetop sementara penyaluran kredit valas adalah untuk menghindari potensi kredit macet yang cukup besar. Kendati perseroan membutuhkan kredit masuk, namun mengingat kredit dalam bentuk rupiah sangat berisiko.

"Kalau kurs seperti ini, kreditnya dalam bentuk valas. Artinya sebenarnya total kredit, tapi eksposure rupiah naik karena ‎kurs seperti ini. Potensi kredit macet besar sekali itu bahaya, makanya kami cenderung enggak lempar kredit valas dulu untuk sementara," tandas Benny.

Sekadar informasi, data Sindonews bersumber dari Limas hari ini menunjukkan rupiah pada level Rp13.012/USD, terdepresiasi dibanding posisi penutupan sebelumnya di level Rp12.950/USD.

Nilai tukar rupiah berdasarkan data Bloomberg pada level Rp13.011/USD. Posisi tersebut masih melemah dibanding akhir pekan lalu di Rp12.962/USD.

Posisi rupiah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI pada level Rp13.021/USD. Posisi ini memburuk 84 poin dibanding penutupan hari sebelumnya di level Rp12.937/USD.

(Baca: Tingkatkan Pelayanan, MNC Bank Buka Cabang di Pluit)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1041 seconds (0.1#10.140)