Edukasi MotionCredit: 4 Indikator Rasio Keuangan yang Sehat

Kamis, 26 Januari 2023 - 16:47 WIB
3. Rasio Cicilan

Rasio cicilan adalah rasio yang dimanfaatkan untuk mengukur kemampuan membayar cicilan utang setiap bulannya dibandingkan dengan penghasilan bulanan.

Rasio cicilan yang ideal yaitu maksimal 30% dari penghasilan agar tidak mengganggu kesehatan keuangan Anda. Jika Anda tidak memiliki cicilan, maka Anda dapat memanfaatkan penghasilan tersebut untuk menambah tabungan atau investasi.

4. Rasio Utang Terhadap Aset

Rasio utang terhadap aset yaitu rasio yang digunakan untuk mengukur perbandingan antara total utang dengan total nilai aset. Sebaiknya total utang Anda maksimal 50% dari total nilai aset. Jika total utang Anda semakin membesar, maka sebaiknya Anda segera melakukan upaya untuk melunasi utang tersebut.



Berdasarkan 4 rasio tersebut, Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan keuangan Anda. Jika kondisi keuangan Anda belum sehat, maka Anda perlu melakukan perbaikan, misalnya dengan mengurangi pengeluaran dan utang konsumtif, atau menambah pos penghasilan. Yuk cek kesehatan keuangan Anda untuk mencapai masa depan yang lebih baik!

MotionCredit merupakan aplikasi pembiayaan digital dari PT MNC Guna Usaha Indonesia (MNC GUI) dan PT MNC Finance (MNC Finance) yang bergerak sebagai perusahaan multifinance yang telah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).



MotionCredit membantu Anda mendapatkan pendanaan melalui MNC Dana Rumah, MNC Dana Mobil, dan MNC Dana Haji dengan mudah, transparan, dan aman. Download aplikasi MotionCredit di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motioncredit
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More