4 Alasan Negara-Negara Eropa Tidak Bisa Lepas dari Ketergantungan Gas Rusia

Senin, 20 November 2023 - 13:38 WIB
Banyak negara Eropa memiliki infrastruktur gas yang sudah terhubung erat dengan Rusia. Pipa gas yang telah ada dan terus berkembang membuat sulit untuk menggantikan pasokan dari sumber lain tanpa biaya investasi besar.

2. Harga



Gas alam dari Rusia sering kali tersedia dengan harga yang bersaing. Alternatif sumber daya energi, seperti gas alam cair (LNG) dari produsen lain rupanya dikenal lebih mahal, membuat sulit bagi negara-negara Eropa untuk beralih tanpa menanggung biaya tambahan.



Bahkan media Tass, menyebutkan jika gas Rusia 50% lebih murah ketimbang gas alam cair (LNG) dari produsen Amerika Serikat.

3. Kapasitas Produksi Terbatas



Sumber daya gas alam dari sumber-sumber alternatif mungkin tidak memiliki kapasitas produksi yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat di beberapa negara Eropa.

4. Geopolitik dan Keamanan Energi



Beberapa negara Eropa mungkin merasa sulit untuk sepenuhnya memutus hubungan dengan Rusia karena pertimbangan geopolitik dan keamanan energi. Ketergantungan pada pasokan gas dari Rusia dapat digunakan oleh Rusia sebagai alat kebijakan luar negeri atau tekanan politik.

Meskipun ada upaya untuk mencari alternatif pasokan energi, seperti diversifikasi melalui LNG atau sumber daya energi terbarukan, ketergantungan pada gas Rusia masih menjadi kenyataan bagi sebagian negara Eropa.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More