4 Program Pasangan Ganjar-Mahfud Maksimalkan Ekonomi Hijau di Indonesia

Selasa, 21 November 2023 - 11:45 WIB
Pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD memiliki 8 misi utama untuk pemilihan tahun depan. Kali ini akan dibahas empat program Ganjar-Mahfud MD di bagian Ekonomi Hijau. Foto/Dok
JAKARTA - Pasangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD memiliki delapan misi utama untuk pemilihan tahun depan, salah satunya berkaitan dengan isu lingkungan. Misi atau program mereka di bidang lingkungan dibagi menjadi tiga segmen.



Segmen pertama adalah Lingkungan Hidup Berkelanjutan, sedangkan segmen kedua menitikberatkan pada ekonomi hijau . Sementara segmen ketiga fokus pada Ekonomi Biru.



Kali ini akan dibahas empat program Ganjar-Mahfud MD di bagian Ekonomi Hijau.Sebagaimana dilansir dari situs visimisiganjarmahfud.id, berikut adalah empat misi atau program Ganjar-Mahfud MD di bidang Lingkungan Hidup bagian Ekonomi Hijau:



1. Transisi Energi

Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber daya untuk pembaharuan energi, dengan potensi mencapai sekitar 3.700 GW secara bertahap, bertujuan memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi EBT dalam mix energi hingga mencapai 25-30% pada tahun 2029.

2. Desa Mandiri Energi

Pengembangan desa yang mampu menggunakan sumber energi lokal berbasis Energi Baru Terbarukan untuk memenuhi kebutuhan energi sendiri, sehingga desa tersebut dapat menjadi bagian dari upaya penghijauan ekonomi Indonesia.

3. Limbah Sebagai Berkah

Manajemen sampah dan limbah yang terintegrasi dan ramah lingkungan, bertujuan menciptakan berkah ekologi dengan mengubah sampah menjadi peluang tambahan penghasilan alternatif bagi masyarakat, atau yang dikenal sebagai konsep "waste to cash."
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More