Mengungkap Kunci Pembenahan BUMN dalam 4 Tahun Terakhir

Kamis, 20 Juni 2024 - 17:08 WIB
Dimulai dari perampingan jumlah BUMN dan dilanjutkan dengan holdingisasi, dinilai telah membuat BUMN menjadi semakin tangkas, efektif, dan efisien. Foto/Dok
JAKARTA - Peran kepemimpinan dinilai berperan besar dalam mengarahkan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) menjadi institusi ekonomi. Perusahaan-perusahaan milik negara ini benar-benar terorkestrasi dengan baik sehingga mampu menjadi tulang punggung perekonomian nasional dalam arti yang sebenarnya.



Di bawah kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, arah pengembangan BUMN menjadi semakin jelas. BUMN menjadi pelaku utama proses Domestic Resource Mobilization (DRM) atau mobilisasi sumber daya domestik.



"Ia merupakan Leader yang bertangan dingin. Ini penting dalam mengakselerasi kemajuan Indonesia menjadi pemain global," ujar Komisaris Utama PT Taspen (Persero), Suhardi Alius di Jakarta.

Menurut Suhardi, tanpa kepemimpinan yang kuat dan mengerti permasalahan, BUMN tidak akan bertransformasi dengan cepat seperti sekarang.

Dimulai dari perampingan jumlah BUMN dan dilanjutkan dengan holdingisasi . Itu, kata Suhardi, telah membuat BUMN menjadi semakin tangkas, efektif, dan efisien.

Kemudian tambahnya, Erick mendorong BUMN sebagai Back Bone pembangunan untuk membenahi Good Corporate Governance (GCG), salah satunya adalah memperbaharui Standar Operasional Prosedur (SOP). Ini penting karena SOP disetiap BUMN berbeda-beda sesuai dengan jenis bisnis dan ekosistem usahanya.

Lebih lanjut, menurut Suhardi, Erick juga membenahi Sumber Daya Manusia (SDM) di BUMN. Salah satu yang menonjol adalah adanya Cluster Talent Committee. Ini, menurut Suhardi, menjadi salah satu kunci sukses pembenahan di BUMN dalam empat tahun terakhir ini.

"Cluster Talent Committee membuat penempatan personal pada BUMN tidak asal comot. Ini adalah salah satu transformasi yang dilakukan untuk meningkatkan daya saing BUMN sebagai pemain global dan menjadikan BUMN sebagai sumber talenta berkualitas. Semua kebutuhan talenta terpetakan dengan baik," jelas Suhardi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More