3 Dampak Sanksi Rusia yang Merugikan Negara-negara Eropa, Bikin Industri Jatuh

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:49 WIB
3 Dampak Sanksi Rusia yang Merugikan Negara-negara Eropa, Bikin Industri Jatuh. Foto/Dok
JAKARTA - Sanksi Rusia tidak hanya berdampak terhadap Moskow, tetapi juga kepada sejumlah negara-negara di Eropa. Setelah Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) menerapkan sanksi ekonomi ke Moskow, Presiden Rusia Vladimir Putin rupanya punya strategi sendiri supaya sanksi tersebut bisa menjadi bumerang untuk Benua Biru -julukan Eropa-.



Sanksi Barat langsung meluncur tidak lama setelah Rusia melayangkan invasi ke Ukraina, dimana Kremlin terus berupaya untuk mengembalikan stabilitas ekonomi dengan bergantung pada sekutu mereka seperti China, Korea Utara, dan beberapa negara Timur Tengah.



Sebagai balasan, Vladimir Putin lantas menciptakan cukup banyak kebijakan untuk merugikan sejumlah negara Eropa yang masih bergantung pada Moskow. Berikut ini beberapa dampak sanksi Rusia yang merugikan negara-negara Eropa.

3 Dampak Sanksi Rusia yang Merugikan Negara-Negara Eropa

1. Krisis Energi



Sebagai pembalasan atas sanksi Barat, Rusia langsung memotong pasokan gas untuk beberapa negara Eropa. Menurut Radio Liberty, Moskow dan media pro-Kremlin memperkirakan bahwa Eropa tanpa bantuan pasokan gas Rusia, akan mengalami krisis.

Untuk mengatasi kekurangan gas Rusia selama musim dingin dan selama sisa tahun 2023, UE melakukan penimbunan pasokan gas alam cair yang sebagian besar berasal dari Amerika Serikat.



Meskipun mampu bertahan, hal ini tetap akan menimbulkan dampak krisis energi jangka panjang menurut para ahli. Karena kehilangan gas Rusia sepenuhnya akan membuat banyak negara Eropa kesulitan, dan bahkan dapat menimbulkan perpecahan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More