5 Negara Ini Kedinginan Tanpa Pasokan Gas Rusia, Salah Satunya Tolak Sanksi UE

Kamis, 25 Juli 2024 - 11:30 WIB
Ketergantungan negara-negara Uni Eropa terhadap gas Rusia belum sepenuhnya hilang pada tahun 2024. Berikut 5 negara yang terancam kedinginan jika tidak dapat suplai Gas Rusia. Foto/Dok
JAKARTA - Ketergantungan negara-negara Uni Eropa terhadap gas Rusia belum sepenuhnya hilang pada tahun 2024. Ekspor gas alam Rusia melalui pipa ke negara-negara Uni Eropa telah melonjak 24% secara tahunan pada paruh pertama tahun 2024 ini.



Hal ini berdasarkan Laporan yang diterbitkan oleh Forum Negara Pengekspor Gas alias Gas Exporting Countries Forum (GECF) seperti dikutip Reuters. Tercatat, gas Rusia yang menyumbang lebih dari dua pertiga cadangan gas alam global.



Gas Rusia telah menjadi salah satu aspek penting bagi sejumlah negara Eropa. Tanpa pasokan gas alam dari Moskow, sejumlah negara di Benua Biru akan mulai mengalami krisis energi .



Sumber Daya Alam (SDA) ini lantas dijadikan sebagai alat balas dendam Presiden Rusia, Vladimir Putin pada Uni Eropa (UE) yang telah memberlakukan sanksi ekonomi pada Moskow.

Setelah membuat kebijakan pembayaran Gas Rusia menggunakan Rubel, Moskow juga memangkas pasokan gas untuk beberapa negara Eropa. Menurut Radio Liberty, Moskow memperkirakan bahwa Eropa tanpa bantuan pasokan gas Rusia, akan mengalami krisis.

Setidaknya ada beberapa negara yang belum bisa sepenuhnya berpisah dari gas Rusia. Pasalnya pasokan dari Kremlin bakal mempengaruhi ketahanan energi domestik dari negara yang bersangkutan.

5 Negara yang Kedinginan Jika Tak Dapat Suplai Gas Rusia

1. Polandia

Menurut Euronews, diperkirakan hampir sekitar setengah dari gas dan hampir dua pertiga dari impor minyak Polandia berasal dari Rusia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More