Ini 5 Ladang Gas Raksasa di Rusia, Dua Diantaranya Terbesar di Dunia

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 10:50 WIB
Menurut Gazprom, Bovanenkovo merupakan ladang terbesar di Semenanjung Yamal yang berhasil ditemukan pada tahun 1972. Kapasitas produksi gas yang direncanakan pada ladang tersebut adalah 115 miliar meter kubik per tahun. Target pengembangan utama di Bovanenkovo adalah deposit Cenomanian-Aptian, yang dikembangkan oleh tiga fasilitas produksi gas yang ditugaskan antara tahun 2012 dan 2018.

Gas yang dihasilkan dari ladang Bovanenkovo disalurkan ke Sistem Pasokan Gas Terpadu melalui jaringan pipa Bovanenkovovo–Ukhta dan Bovanenkovovo–Ukhta 2, yang masing-masing panjangnya sekitar 1.200 km.

Ladang Gas Shtokmn

Ditemukan pada tahun 1988, ladang gas dan kondensat Shtokman terletak di bagian tengah Laut Barents sektor Rusia, sekitar 600 km timur laut Murmansk dan di kedalaman air berkisar antara 320m hingga 340m.

Cadangan C1 (yang dieksplorasi) di ladang Shtokmn berjumlah 3,9 Tcm gas dan 56 juta ton gas kondensat. Pada bulan Februari 2008, raksasa energi milik negara Rusia Gazprom, Total, dan StatoilHydro menandatangani perjanjian untuk mendirikan Perusahaan Shtokman untuk mengembangkan ladang tersebut dalam tiga tahap. Shtokman Development dibentuk untuk menyelenggarakan proyek rekayasa, pengembangan, konstruksi, pembiayaan, dan eksploitasi fasilitas tahap pertama yang berkaitan dengan pengembangan ladang Shtokman.

Gazprom memiliki 51% saham di Shtokman Development, sementara Total dan StatoilHydro masing-masing memiliki 25% dan 24% saham. Gazprom, bagaimanapun, kemudian mengakuisisi 100% saham pengendali di perusahaan tersebut.

Gazprom kini mengoperasikan prospek, eksplorasi, dan izin produksi gas dan kondensat di ladang Shtokman, yang diperkirakan akan mencapai kapasitas desain sebesar 71,1 miliar meter kubik gas per tahun pada tahap ketiga pengembangannya.

Ladang Gas Zapolyarnoye

Ladang Zapolyarnoye terletak di bagian selatan Distrik Taz, 220 km dari Novy Urengoy, Daerah Otonomi Yamal-Nenets. Ditemukan pada tahun 1965, ladang tersebut merupakan bagian dari provinsi penghasil minyak dan gas Siberia Barat dan mampu menghasilkan 130 miliar meter kubik gas per tahun.

Tersebar di area seluas 8.745 ha, ladang ini dimiliki dan dioperasikan oleh Gazprom. Produksi dari Zapolyarnoye dimulai pada tahun 2001, dengan pengembangan deposit Cenomanian. Gazprom mulai memproduksi gas dan kondensat dari deposit Valangian (Neocomian) yang lebih dalam pada tahun 2011. Produksi ladang tersebut mencapai angka triliun meter kubik pada bulan Desember 2012.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More