PropTech Kian Berkembang, Pemerintah Dorong Pemanfaatan Teknologi Perumahan

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 16:46 WIB
Pada kesempatan tersebut, Board of Directores Member FIABCI (Federation Internationale des Administrateurs de Biens Conseils Immobiliers) Soelaeman Soemawinata menegaskan bahwa PropTech di negara maju sudah digunakan sejak lama yang bertujuan mulai dari perencanaan, pemasaran hingga pengelolaan.

"Berkembangnya internet peran PropTech semakin dominan, seperti dalam pemasaran pemain global dan lokal di Indonesia cukup banyak. Dan perkembangan di Indonesia juga cukup signigikan mulai dari pembiayaan hingga untuk kontruksi dan pengelolaan. Bahkan sampai ke dalam unit rumah dengan adanya produk smart home," imbuh Soelaeman Soemawinata yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Kejuruan Teknik Kewilayahan dan Perkotaan (BKTKP) Persatuan Insinyur Indonesia (PII).



Soelaeman mencontohkan, seperti di Alam Sutera saat ini memiliki layanan realtime traffic untuk membantu dan memitigasi permasalahan lalu lintas kendaraan terkait kemcetan. Selain itu juga ada tombol emergency di kawasan tertentu yang akan memudahkan masyarakat melaporkan sebuah kejadian. Dan saat ini pusat belanja, perkantoran juga menggunakan teknologi terkait jumlah parker yang tersedia dan lainnya. Ini semua teknologi yang sifatnya membantu dan memudahkan,” tutupnya.
(nng)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More