Ekonomi India Meroket, Selangkah Lagi Terbesar Ketiga di Dunia

Senin, 23 September 2024 - 07:43 WIB
Bulan lalu, New Delhi menyetujui proposal untuk membangun pelabuhan besar di pantai baratnya agar terhubung dengan jaringan perdagangan global utama, termasuk Rusia, Asia Tengah, dan Eropa. Pelabuhan, yang akan dibangun di Maharashtra, akan membantu arus perdagangan melalui Koridor Transportasi Utara-Selatan Internasional.

Rute tersebut melewati Iran, di mana India juga sedang mengembangkan proyek besar – Pelabuhan Chabahar di Teluk Oman. Hal itu menawarkan India pijakan strategis di kawasan ini, menyediakan rute langsung ke sejumlah pasar yang juga diincar oleh China melalui Belt and Road Initiative (BRI)-nya.

S&P mengatakan, untuk mendukung pertumbuhan yang cepat dan mengatasi polusi udara dan ancaman perubahan iklim, India perlu mempercepat transisi energinya. Untuk memenuhi tantangan ini, laporan S&P mencatat, India mendiversifikasi sumber energi dan meningkatkan infrastruktur jaringan, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas terbarukan lebih dari tiga kali lipat menjadi sekitar 500 GW pada tahun 2030.

Selain itu, India fokus pada teknologi rendah emisi seperti hidrogen hijau, amonia hijau, reaktor nuklir kecil, dan penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon untuk mencapai target iklimnya.

Sektor pertanian berkontribusi 18% terhadap PDB dan juga bertanggung jawab atas mata pencaharian 47% populasi di India, akan mengandalkan teknologi canggih dan kebijakan baru "untuk meningkatkan infrastruktur dan produktivitas."

Lembaga pemeringkat juga memperkirakan bahwa AI bakal memainkan peran penting di beberapa sektor utama di masa depan. Pasar AI di India diperkirakan akan tumbuh sebesar USD17 miliar-USD22 miliar pada tahun 2027, efeknya bakal menarik investasi sebesar USD4 miliar, menurut NASSCOM.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More